Tuesday, 5 Zulqaidah 1442 / 15 June 2021

Tuesday, 5 Zulqaidah 1442 / 15 June 2021

Galeri Investasi Syariah Sarana Didik Mahasiswa

Jumat 20 May 2016 06:19 WIB

Rep: Rossi Handayani/ Red: Dwi Murdaningsih

Pengunjung mencari informasi mengenai pasar modal pada acara pembukaan Sekolah Pasar Modal (SPM) 2015 dan Sekolah Pasar Modal Syariah (SPMS) 2015 di Jakarta, Selasa (24/3).

Pengunjung mencari informasi mengenai pasar modal pada acara pembukaan Sekolah Pasar Modal (SPM) 2015 dan Sekolah Pasar Modal Syariah (SPMS) 2015 di Jakarta, Selasa (24/3).

Foto: Republika/Prayogi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Universitas Al Azhar Indonesia (UAI) memiliki galeri investasi syariah, yang merupakan hasil kerjasama antara Bursa Efek Indonesia (BEI) dan PT MNC Securities. Direktur galeri investasi syariah UAI, Jumansyah mengatakan, sarana tersebut dapat dimanfaatkan untuk mendidik para mahasiswanya terkait dengan ekonomi syariah dan pasar modal.

"Galeri ini kita harapkan, selain tempat berinvestasi, juga untuk terus mendidik anak-anak kita yang mahasiswa, agar mereka punya kesadaran pasar modal yang baik, khususnya pasar modal syariah," kata Jumansyah Selasa (17/5).

Menurut Jumansyah, tawaran membuka galeri dari BEI dan MNC Securities diambil karena, memang masih sedikitnya pemahaman dari investor maupun calon investor terhadap pasar modal syariah. Kampus menjadi tempat di mana para generasi muda berkumpul, sehingga nantinya mereka dapat menyebarkan kembali pemahaman pasar modal.

"Memang tujuan kita, penamaan galeri syariah memang yang kita usung itu ekonomi syariah. Nilai-nilai pasar modal yang ingin diterapkan itu, yang berbasis syariah," ujar Jumansyah.

Posisi galeri tersebut pun dianggap Jumansyah memiliki lokasi yang strategis, yang dapat diakses oleh lingkungan universitas. Paling tidak, para orang tua mahasiswa turut mendapatkan informasi yang lebih jauh.

Adapun galeri investasi ini diresmikan dua bulan lalu, pada 30 Maret 2016 bertempat di Universitas Al Azhar Indonesia, Jakarta. Pendirian galeri Investasi BEI bertujuan untuk menambah investor baru dan memberikan edukasi pasarmodal di lingkungan akademisi, mahasiswa dan masyarakat sekitar.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA