Thursday, 1 Syawwal 1442 / 13 May 2021

Thursday, 1 Syawwal 1442 / 13 May 2021

Masyarakat Bumiaji Curhat Soal Konflik Air kepada Ketua MPR

Jumat 13 May 2016 22:56 WIB

Red: Dwi Murdaningsih

Zulkifli Hasan

Zulkifli Hasan

Foto: Dok: MPR

REPUBLIKA.CO.ID, BATU -- Ketua MPR Zulkifli Hasan melakukan sambung rasa dengan ratusan petani dan masyarakat di Desa Cangar Bulukerto, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu, Jawa Timur, (13/5). Zulkifli Hasan menerima pengaduan dari para petani dan masyarakat soal adanya rencana pembangunan hotel di Bumiaji.

Jika pembangunan terlaksana, masyarakat khawatir hal ini akan merusak sumber air yang menjadi sumber kehidupan masyarakat. Menanggapi hal yang demikian, Zulkifli Hasan mengatakan bahwa masyarakat di Bumiaji perlu mendapat perhatian, keberpihakan, dan dibantu.

Dalam sambung rasa yang juga dihadiri oleh Walikota Batu, Edi Rumpoko, Zulkifli Hasan mengatakan kepala daerah perilakunya harus berdasarkan pada Pancasila. Bila kepala daerah perilakunya sesuai dengan Pancasila maka ia akan berperilaku adil dan beradab. Tindakan kepala daerah harus penuh keadilan agar rakyat tetap bersatu.

Dalam masalah air, Zulkifli Hasan menyarankan agar masalah itu dimusyawarahkan agar timbul saling memahami. Zulkifli Hasan tidak hanya mengingatkan pentingnya internalisasi Pancasila pada kepala daerah, dirinya juga mengingatkan Pasal 33 UUD NRI Tahun 1945 yang intinya mengatakan bahwa seluruh sumber daya alam, bumi, air dan isinya digunakan untuk sebesarbesarnya kemakmuran rakyat.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA