Friday, 14 Rajab 1442 / 26 February 2021

Friday, 14 Rajab 1442 / 26 February 2021

In Picture: Siti Nurbaya Apresiasi Program One Student Five Trees dan UNS Go Green

Jumat 13 May 2016 20:52 WIB

Red: Mohamad Amin Madani

REPUBLIKA.CO.ID, SOLO -- Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya sangat mengapresiasi program One Student Five Trees dan UNS Go Green yang telah dicanangkan oleh Universitas Sebelas Maret (UNS) sejak 2013.

"UNS telah mulai melakukan Small step with big love. Prinsip utama Green Campus adalah menjaga sustainability (keberlanjutan), kita tidak boleh membiarkan terjadinya keterbatasan/kelangkaan sumber daya alam di masa mendatang," kata Siti Nurbaya dalam siaran pers yang diterima Republika.co.id, Jumat (13/5).

Siti Nurbaya berharap, setiap orang di Republik Indonesia ini seumur hidupnya paling tidak menanam 25 pohon. Hari ini UNS telah menanam 2000 pohon di lingkungan kampusnya. Untuk mendorong pelibatan mahasiswa dalam menjaga keberlanjutan lingkungan, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan telah melakukan penandatanganan kerjasama Green Kampus dengan 179 perguruan tinggi. Seandainya tiap kampus punya 20.000 mahasiswa dan masing-masing menanam 5 batang pohon tiap tahun, maka jumlah yang tertanam sekitar 17.900.000 batang artinya 35.800 ha lahan tertanam setiap tahun.

Rektor UNS Ravik Karsidi menyampaikan hari ini sudah ditanam 2.000 pohon di lingkungan Rumah Sakit Pendidikan Kampus Pabelan UNS. “Setiap mahasiswa di UNS diwajibkan untuk menanam paling sedikit 5 (lima) pohon sampai menjelang wisuda dan ini menjadi salah satu syarat wisuda. Penanaman itu dilaporkan dengan bukti dan dapat dipantau melalui www.simonev.uns.ac.id. “Lima pohon yang sudah ditanam itu harus dipastikan hidup dan dipelihara. Sebagai hasil komitmen green campus, saat ini, UNS menyandang prediket Green Campus nomor 5 di Indonesia dan 96 di dunia”.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES