Jumat 13 May 2016 19:47 WIB

Ferrari Urutan 1 dan 2 Melahap Sesi Latihan Pertama GP Spanyol

Sesi latihan F1 (Ilustrasi)
Foto: Reuters/Edgar Su
Sesi latihan F1 (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, BARCELONA  --Ferrari menduduki urutan pertama dan kedua di latihan terbuka untuk Grand Prix Spanyol pada Jumat (14/5). Sebastian Vettel mengungguli Kimi Raikkonen, dan empat pembalap teratas lebih cepat dari catatan waktu pole position.

Pebalap Jerman itu mencatatkan waktu terbaik satu menit 23,951 detik yang lebih cepat 0,138 detik daripada rekan setimnya yang berasal dari Finlandia itu, dan setengah detik lebih cepat daripada pemuncak klasemen saat ini Nico Rosberg yang memperkuat Mercedes.

Bagaimanapun, Ferrari merupakan satu-satunya tim yang menggunakan ban berkompon lunak, memilih untuk menggunakan lebih banyak set daripada rival-rivalnya, ketika mereka merasa mobil mereka lebih sesuai bagi mereka.

Rosberg, yang start di posisi terdepan pada 2015 mencatatkan waktu 1:24,681, sedang mengejar kemenangan kelima dalam balapan tahun ini dan yang keempatnya secara beruntun.

Rekan setimnya yang merupakan juara dunia tiga kali Lewis Hamilton, yang tertinggal 43 angka dari Rosberg di klasemen pebalap, mencatatkan waktu tercepat peringkat keempat di sesi itu, para pembalap Mercedes menggunakan ban-ban medium yang lebih lambat.

Pebalap Britania itu dihantam masalah kegagalan-kegagalan power unit pada dua balapan terakhirnya, memulai balap dari belakang grid di China dan dari posisi kesepuluh di Rusia, dan Mercedes mengatakan mereka telah mengubah turbo dan bagian dari sistem pemulihan energi untuk Barcelona.

Namun mereka hanya memiliki satu contoh yang tersedia untuk membatasi waktu untuk perubahan desain di antara balap terakhir di Rusia dan Spanyol, dan menyiapkannya tepat waktu memerlukan usaha "manusia super."

Dua pebalap Red Bull menduduki posisi kelima dan keenam, di mana pembalap remaja asal Belanda Max Verstappen melakukan debut latihannya dengan tim senior perusahaan minuman energi setelah meninggalkan Toro Rosso, sebagai pertukaran dengan pebalap Rusia Daniil Kvyat.

Ricciardo mencatatkan waktu 1:25,416 dengan catatan waktu Verstappen mencatatkan waktu 1:25,585, meski pembalap remaja itu mengalami masalah-masalah akselerasi mobil pada awal latihan.

Kvyat berada di posisi ke-12, di mana rekan setimnya asal Spanyol Carlos Sainz menduduki posisi kedelapan. Dua kali pemenang di Spanyol Fernando Alonso menduduki urutan kesepuluh untuk McLaren.

Pebalap Meksiko Sergio Perez menjalani pagi yang sulit, berhenti pada dua pertiga sesi tersisa setelah asap muncul dari bagian belakang mobil Force Indianya. Tim itu harus melakukan beberapa peningkatan (upgrade) untuk balapan di Spanyol.

Bintang asal Prancis sekaligus pebalap cadangan Sebastien Ocon melakukan debut latihannya dengan Renault, membawa mobil yang akan digunakan pebalap Britania Jolyon Palmer pada balapan Ahad, namun tidak mampu mencatatkan waktu karena masalah-masalah teknis.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement