Senin 09 May 2016 09:23 WIB

Makan Sesuai Golongan Darah? Ini Panduannya

Rep: Adysha Citra R/ Red: Indira Rezkisari
Wanita sedang makan
Foto: pexels
Wanita sedang makan

REPUBLIKA.CO.ID, Ada satu teori menarik yang diperkenalkan oleh Dr Peter J D'Adamo dengan Allan Richards melalui buku yang sudah diterbitkan sejak 30 tahun lalu, 'Maximise Your Health With The Blood Type Diet'. Dalam buku tersebut, D'Adamo mengungkapkan bahwa jenis makanan dapat terbagi berdasarkan golongan darah.

Pembagian makanan berdasarkan golongan darah ini diklaim D'Adamo dapat membantu proses pencernaan menjadi lebih efisien sekaligus membantu program diet. D'Adamo menarik hubungan antara makanan dan golongan darah karena menurutnya golongan darah merefleksikan sistem internal pada tubuh seseorang.

D'Adamo mengungkapkan bahwa golongan darah juga meregulasi cara tubuh dalam menyerap nutrisi dari makanan yang masuk ke dalam tubuh. Oleh karena itu, D'Adamo mengatakan bahwa pola makan sehat akan sangat bergantung pada bagaimana tubuh bereaksi dalam memetabolisme jenis makanan tertentu.

"Saya rekomendasikan untuk makan berdasarkan golongan darah Anda agar Anda tetap bugar dan sehat," terang instruktur olahraga sekaligus ahli gizi, Neeraj Mehta.

Berikut ini ialah makanan yang sesuai berdasarkan masing-masing golongan darah.

Golongan Darah A

Agar memiliki tubuh dan pikiran yang sehat, orang bergolongan darah A membutuhkan nutrisi dari karbohidrat.  Orang bergolongan darah A memiliki kadar asam hidroklarida dan fosfat alkali usus yang rendah serta kadar enzim pencernaan disakarida usus yang tinggi. Hal ini membuat orang bergolongan darah A memilii kemampuan mencerna karbohidrat lebih efisien dibandingkan mencerna dan memetabolisme protein serta lemak binatang.

Oleh karena itu, orang bergolongan darah A cocok untuk mengonsumsi protein kedelain, gandum, serta sayuran. Buah-buahan berbasis alkali seperti apel, kurma, berry hingga persik juga baik dikonsumsi oleh orang bergolongan darah A.

Akan tetapi, orang bergolongan darah A juga harus menghindari pepaya, mangga dan jeruk karena buah-buahan ini dapat mempengaruhi sistem pencernaan. Selain itu, orang bergolongan darah A juga perlu menghindari berbagai produk turunan susu karena dapat memancing reaksi insulin dalam tubuh.

Berdasarkan hal tersebut, orang bergolongan darah A cenderung berisiko terkena kanker, diabetes serta penyakit kardiovaskular. Dengan diet yang tepat, orang bergolongan darah A dapat meningkatkan kinerja, kejernihan mental, vitalitas serta usia hidup yang panjang. Untuk mencapai itu, orang bergolongan darah A disarankan untuk mengonsumsi makanan sebagaimana bentuk alami makanan tersebut dan tidak disarankan melewatkan waktu makan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement