Ahad 08 May 2016 21:51 WIB

Menangi GP Prancis, Lorenzo Puncaki Klasemen MotoGP

Jorge Lorenzo
Foto: EPA/DAVID FERNANDEZ
Jorge Lorenzo

REPUBLIKA.CO.ID, LE MANS -- Juara dunia MotoGP tiga kali yang membela Yamaha Movistar Jorge Lorenzo memenangi Grand Prix Prancis dari posisi start terdepan pada Ahad (8/5). Lorenzo merebut puncak klasemen MotoGP keseluruhan dari sesama pebalap Spanyol Marc Marquez, setelah pembalap Repsol Honda itu terjatuh.

Pembalap legendaris Italia Valentino Rossi memastikan Yamaha finis di posisi satu-dua, tertinggal 10,654 detik. Pembalap Spanyol lainnya Maverick Vinales -- yang disebut-sebut akan menggantikan Lorenzo pada musim depan -- menduduki podium di kelas tertinggi untuk pertama kalinya bersama Suzuki.

Posisi ketiga itu, dalam balapan yang diwarnai sejumlah tubrukan, merupakan podium pertama Suzuki sejak Loris Capirossi asal Italia naik podium di Republik Ceska pada 2008.

Lorenzo, yang merayakan ulang tahunnya yang ke-29 pada awal pekan ini dan memimpin sepanjang balapan, kini mengoleksi 90 angka dari lima balapan. Marquez mengumpulkan total 85 angka setelah kembali membalap dan finis di urutan ke-13.

Rossi, yang memulai balapan dari baris ketiga setelah memenangi balap sebelumnya di Spanyol, menghuni peringkat ketiga di klasemen dengan 78 angka.

sumber : Antara/Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement