Thursday, 10 Rabiul Awwal 1444 / 06 October 2022

10 Kiat Membangun Sikap Hidup ala Orang Kaya

Jumat 06 May 2016 11:35 WIB

Red: Indira Rezkisari

Warren Buffet, salah satu orang kaya dunia dengan sikap hidup sederhana.

Warren Buffet, salah satu orang kaya dunia dengan sikap hidup sederhana.

Foto: EPA

REPUBLIKA.CO.ID, Siapa yang tidak ingin menjadi orang kaya? Hampir semua orang ingin menjadi orang kaya. Masalahnya, apa yang mesti dilakukan untuk mewujudkannya? Bagaimana jika kita mencontoh segelintir orang kaya lainnya yang masih memiliki hati nurani untuk mempergunakan uang sebagaimana mestinya? Namun sebelum mencontoh gaya hidup orang kaya, ada baiknya kita mempersiapkan diri kita sebagai orang kaya.

Salah satu persiapan yang harus Anda lakukan adalah pengendalian diri dan memiliki kondisi finansial yang bagus tentunya. Tidak ada orang kaya yang sukses dengan kepribadian dan pengendalian diri yang buruk. Jika mereka seperti itu, harta yang mereka miliki pastilah sudah habis, entah apa saja yang mereka lakukan. Nah, untuk itu, kami sediakan beberapa cara yang bisa Anda terapkan untuk mengelola uang ala konglomerat teladan.

Waspada dengan Diskon dan Promosi Menggiurkan

Tidak ada yang bisa memungkiri bahwa para pemasar menggunakan berbagai cara untuk menarik minat konsumen agar mau membeli produk mereka. Orang kaya tidak akan langsung tergiur dengan diskon yang diberikan para pemasar. Mereka akan mempertimbangkan harga tersebut dengan kualitas. Terkadang mereka lebih memilih mengeluarkan dana besar, namun tidak sering dibandingkan belanja murah dalam frekuensi tinggi.

Fokuslah Pada Masa Depan

Salah satu perbedaan orang kaya dengan orang biasa adalah visi melihat masa depan. Orang kaya melihat segala sesuatu dalam jangka panjang. Inilah yang membuat mereka lebih berhasil karena telah mempersiapkan dan mempertimbangkan apa yang harus mereka miliki di masa mendatang guna menghadapi situasi dan kondisi sesuai prediksi.

Belanjalah untuk Kebutuhan Diri Sendiri, Bukan untuk Mengesankan Orang Lain

Apa yang Anda belanjakan adalah untuk kebutuhan diri Anda. Orang kaya tidak perlu menegaskan bahwa mereka kaya hanya dengan memiliki barang yang membuat orang lain terkesan. Mereka bersikap apa adanya dan tidak peduli dengan komentar orang, tidak sekali pun dengan kesan orang lain.

Artikel ini merupakan kerjasama antara Republika.co.id dengan Cermati.com, portal pembanding produk keuangan Indonesia

Silakan akses epaper Republika di sini Epaper Republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA