Senin 02 May 2016 00:36 WIB

Ini Manfaat 'Me Time' Bagi Tubuh

Me time. Ilustrasi
Foto: Huffingtonpost
Me time. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, Sendiri bukan berarti buruk. Hal ini selalu dikaitkan dengan kesepian atau sikap anti-sosial. Padahal, orang yang sendiri belum tentu benar-benar sendirian. Bisa saja mereka memang sedang ingin memiliki waktu lebih bagi diri mereka sendiri.

Dilansir dari laman Life Hack, Senin (2/5) berikut 5 manfaat dari 'me time' atau waktu sendiri bagi tubuh yang perlu diketahui:

Mengisi ulang tenaga

Jika Anda terus-menerus kewalahan oleh pekerjaan, seperti rapat, panggilan telepon, sms, pesta, dan sebagainya yang membuat lelah karena harus bergegas ke sana-sini.

 

Dalam kondisi seperti ini, Anda butuh waktu istirahat untuk menyendiri. Dengan begitu, anda mempunyai kesempatan untuk menenangkan saraf dan pikiran Anda, mengurangi tekanan dan kembali fresh.

 

Me time bisa dilakukan saat mandi, berendam atau bermeditasi selama 10 menit, menikmati beberapa waktu sendiri anda. Dengan menyendiri dapat membantu Anda mengumpulkan pikiran positif dan mendapatkan energi untuk melanjutkan hari esok.

 

Meningkatkan kreativitas

Susan Cain, penulis buku ‘Quite’, mengatakan "Kesendirian adalah bahan penting untuk meningkatkan kreativitas". Sementara Brainstorming sering disebut-sebut sebagai solusi untuk menghasilkan ide-ide kreatif, dekade penelitian menunjukkan bahwa hal itu dapat menjadi bumerang. Anda mungkin merasa terdesak dalam grup, khawatir tentang apa yang dipikirkan orang-orang tentang ide-ide Anda.

 

Dalam hal seperti ini, Anda bisa menyendiri di rumah, di sebuah kafe, atau di tempat favorit yang memiliki ruang untuk membuka pikiran dan membantu Anda untuk menemukan ide-ide baru.

 

Memberikan kebebasan

Dengan menyendiri memberikan kebebasan. Kebebasan untuk melakukan apa, kapan, dan bagaimana yang Anda inginkan, hal ini menjadi langka seiring bertambahnya usia dan kesibukan yang tidak ada henti-hentinya.

Meluangkan waktu melepaskan dan menghabiskan waktu sendiri untuk melakukan apa pun yang Anda inginkan dapat membantu meningkatkan mood, menciptakan keseimbangan, dan memperkaya perspektif. Dibutuhkan setidaknya 1 hari dalam seminggu untuk menyendiri, agar Anda bisa melepaskan segala kepenatan dalam seminggu.

 

Memberikan keakraban

Studi psikologi menemukan bahwa manfaat sendirian melampaui introvert dan spiritual. Menawarkan kesempatan yang kuat untuk memutar kehidupan kita dan memperkuat hubungan.

Menghabiskan waktu sendiri dapat membantu Anda menilai kembali dan mendapatkan perspektif tentang hubungan dan memasok istirahat yang sangat dibutuhkan dari sosialisasi. Dengan cara ini, ketika Anda kembali ke dunia sosial, Anda dapat lebih terlibat dengan orang yang dicintai dan anda akan terhindar dari monolog internal.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement