Ahad 24 Apr 2016 21:13 WIB

Komunitas Offroad Sulsel akan Buka Jalur Baru Makassar-Bulukumba

Tim Jangkar Miring Hiu asal Surabaya Juara pertama Djarum Super 4X4 Real Adventure Offroad 2011 Seri 5
Foto: www.sportku.com
Tim Jangkar Miring Hiu asal Surabaya Juara pertama Djarum Super 4X4 Real Adventure Offroad 2011 Seri 5

REPUBLIKA.CO.ID, MAKASSAR -- Komunitas pecinta offroad yang tergabung dalam Indonesia Off-Road Federation (IOF) Sulawesi Selatan akan membuka jalur transportasi baru melalui ajang bertajuk "Celebes Open Road Expedition (ORX)" pada 6-8 Mei 2016.

Pengurus IOF Sulsel, Januar Jaury di Makassar, Ahad, mengatakan ekpedisi ini akan melintasi sejumlah daerah yang dimulai dari Makassar, Kabupaten Gowa, Takalar, Jeneponto, Bantaeng dan berakhir di Kabupaten Bulukumba.

"Jalur yang akan dilalui peserta ORX ini memang lebih ekstrem karena akan melintasi hutan tropis basah, termasuk melintasi kaki gunung Bawakaraeng dan Gunung Lompobattang," jelasnya.

Selama berdirinya IOF Sulsel sekitar kurang lebih lima tahun, kata dia, sejumlah jalur baru antar-kabupaten di Sulsel telah dibuka di antaranya jalur antar kecamatan di kabupaten Bone.

Selanjutnya membuka jalur dari Kabupaten Soppeng-Barru, Sidrap tembus ke Toraja melintasi beberapa daerah lain, termasuk dari Kota Palopo ke Toraja juga sudah ada jalur alternaatif.

Ketua IOF Sulsel yang juga Wwakil Gubernur yakni Agus Arifin Nu'mang juga memahami bahwa anggaran begitu terbatas untuk membuka jalur-jalur baru untuk memberikan pelayanan ke daerah pelosok.

Maka dari itu, lanjut dia, melalui organisasi ini dibuatkan sebuah ajang dengan melibatkan para pengusaha untuk ikut membantu menyukseskan sekaligus bisa membuka akses atau jalur baru.

"Selama berdirinya IOF, kita telah membuka sekitar lima jalur baru di Sulsel. Kami memang bukan hanya fokus di wilayah Selatan namun juga secara merata di sejumlah daerah di Sulsel untuk membantu akses masyarakat pelosok," ujarnya.

Sementara itu, "Celebes Open Road Expedition" akan diikuti sejumlah off roader dari berbagai negara di ASEAN yakni Malaysia, Thailand, dan Brunei Darussalam.

"Para off-roader dari ASEAN ini akan tampil bersama peserta dari berbagai daerah di Indonesia. Kehadiran peserta dari luar negeri tentu kita harapkan bisa semakin memperkenalkan potensi destinasi yang ada di Sulsel," katanya.

Ia menjelaskan, selain menghadirkan eksotisme alam dan fauna Sulsel yang khas, peserta ORX ini juga akan menikmati pengalaman eksploitasi budaya Sulsel yang beragam.

Rute perjalanan ekspedisi ini akan melalui hutan tropis basah, melintasi kaki gunung Bawakaraeng dan Gunung Lompobattang dengan handicap beragam diantaranya bebatuan, mud, incline, decline, minus, winching, across river, gravel, water fall dan banyak lagi keindanhan alam lainnya dengan jarak tempuh 170 kilometer.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement