Kamis 21 Apr 2016 18:25 WIB

Juara Singapore Open 2016, Sony Dwi Kuncoro Naik 19 Peringkat

Sony Dwi Kuncoro
Foto: dok. PBSI
Sony Dwi Kuncoro

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pemain Indonesia berusia 31 tahun, Sony Dwi Kuncoro baru saja menjadi juara di turnamen Singapore Open Super Series 2016. Prestasi ini sangat mengejutkan karena Sony harus merangkak dari babak kualifikasi di turnamen ini.

Dengan hasil juara tersebut, peringkat Sony pun melonjak drastis. Dalam rilis peringkat terbaru yang dikeluarkan Federasi Bulu Tangkis Dunia (BWF) pada Kamis (21/4), Sony naik 19 peringkat, dari sebelumnya di peringkat 56 pada pekan lalu menjadi peringkat 37 saat ini.

Sony masuk menjadi lima besar pemain tunggal putra Indonesia dalam daftar peringkat dunia. Tommy Sugiarto masih ajeg di peringkat 9 dunia. Kemudian Jonatan Christie naik tiga peringkat menjadi peringkat 22 dunia saat ini.

Anthony Ginting juga naik tiga peringkat menjadi peringkat 24 dunia saat ini. Dan juga Ihsan Maulana Mustofa yang naik satu peringkat menjadi peringkat 31 dunia saat ini.

Di sektor ganda putra, juara Singapore Open 2015 Angga Pratama/Ricky Karanda Suwardi terpaksa harus turun peringkatnya yang pada pekan lalu berperingkat sembilan dunia menjadi 12 dunia saat ini. Hal ini karena kegagalan dalam mempertahankan gelar juara di turnamen tersebut.

Dua pasangan Indonesia lainnya, Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan dan Kevin Sanjaya Sukamuljo/Gideon Marcus Fernaldi tetap berada di posisi seperti sebelumnya. Hendra/Ahsan di peringkat dua dunia dan Kevin/Gideon di peringkat 14 dunia.

Sementara itu, pasangan ganda putri Greysia Polii/Nitya Krishinda Maheswari naik satu peringkat lagi atas keberhasilannya menjadi juara Singapore Open SS 2016. Pada pekan lalu, Greysia/Polii berada di peringkat tiga dunia dan saat ini menjadi berperingkat dua dunia.

Dua ganda campuran Indonesia yaitu juara Malaysia Open SSP 2016 Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir dan juara All England 2016 Praveen Jordan/Debby Susanto juga peringkat dunianya tidak berubah. Tontowi/Liliyana berperingkat dua dunia dan Praveen/Debby berperingkat delapan dunia.

Di tunggal putri, peringkat satu dunia berpindah ke tangan pemain Thailand, Ratchanok Inthanon yang berhasil menggeser pemain Spanyol, Carolina Marin setelah berhasil menjuarai Singapore Open tiga kali beruntun.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement