Tuesday, 29 Ramadhan 1442 / 11 May 2021

Tuesday, 29 Ramadhan 1442 / 11 May 2021

Hari Kartini

Peringati Hari Kartini, Pelajar SMA Ini Kenakan Kebaya dan Baju Batik

Kamis 21 Apr 2016 17:20 WIB

Rep: Issha Haruuma/ Red: Andi Nur Aminah

Kebaya moderen kartini (ilustrasi)

Kebaya moderen kartini (ilustrasi)

Foto: Antara/R. Rekotomo

REPUBLIKA.CO.ID, MEDAN -- Guna memeringati Hari Kartini yang jatuh pada Kamis (21/4), para pelajar SMP dan SMA Kartika I di Jl S Parman, Medan, Sumatra Utara mengenakan kebaya dan batik di sekolah. Kepala SMA Kartika I, Syuratty Astuti Rahayu Manalu mengatakan, dengan adanya peringatan Hari Kartini ini, diharapkan para pelajar dapat menghargai Kartini dalam memperjuangkan emansipasi perempuan.

"Diharapkan siswa dan siswi ini tidak hanya mengenal sosok Kartini dari buku, agar mereka lebih paham bagaimana sosok Kartini dalam memperjuangkan emansipasi perempuan," kata Astuti.

Astuti mengatakan, penggunaan kebaya dan batik ini merupakan ide dari dewan guru. Selain untuk mengingat jasa Kartini, diharapkan, dengan mengenakan kebaya dan batik, para siswa dan siswi dapat lebih mencintai budaya Indonesia. "Bukan hanya siswa dan siswi saja, tapi guru-guru di sini juga mengenakan pakaian tradisional Indonesia," ujarnya.

Sementara itu, salah satu siswa kelas XI IPA I Nurhayati Hazmar Ritonga mengaku senang dan menyambut positif penggunaan kebaya dan batik di sekolahnya. Dengan adanya peringatan Hari Kartini, Nurhayati berharap,  para perempuan Indonesia dapat lebih menghargai dan mengenang jasa Kartini.

"Kita ingin menunjukkan emansipasi perempuan, agar dapat sederajat dengan kaum laki-laki," ujar Nurhayati. 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA