Monday, 17 Rajab 1442 / 01 March 2021

Monday, 17 Rajab 1442 / 01 March 2021

4 Hal yang Paling Disesali Saat Usia Senja

Kamis 21 Apr 2016 09:29 WIB

Rep: C34/ Red: Winda Destiana Putri

Pasangan kakek nenek, ilustrasi

Pasangan kakek nenek, ilustrasi

Foto: Telegraph

REPUBLIKA.CO.ID, Bayangkan Anda sedang menjelang usia 70 tahun, kira-kira apa yang bakal Anda renungi mengenai diri sendiri? Sebuah survey yang dilakukan kepada para pensiunan usia senja baru-baru ini, mengungkap kontemplasi itu.

Temuan tersebut telah diterbitkan oleh Nationwide Building Society Savings, yang menganalisis sekelompok pensiunan pria dan wanita. Berikut adalah empat hal utama yang menjadi penyesalan terbesar dalam hidup mereka dan ingin mereka ubah jika memungkinkan.

Kurang traveling
Sebanyak 33 persen peserta menyesal karena tidak lebih banyak bepergian dan melancong di usia produktif. Uang dan tanggung jawab sering jadi faktor kunci penyesalan ini.

Kurang menabung
Ini lebih mudah dikatakan daripada dilakukan, dan sebanyak 31 persen peserta memang menyesalinya. Mereka berharap punya lebih banyak simpanan uang menjelang pensiun.

Kurang silaturahmi
Sebanyak 17 persen responden berharap tidak kehilangan kontak dengan teman atau anggota keluarga lain. Mereka berharap lebih bersemangat menjalani hidup, dengan tidak pernah berhenti membuat kenalan baru sekaligus tetap berhubungan rekat dengan seluruh keluarga besar.

Kehilangan pasangan
Hal ini tidak terjadi pada semua orang, tetapi sejumlah orang menyesal tidak berusaha lebih untuk mempertahankan hubungan dengan pasangan di masa lalu. Sekira 14 persen dari mereka yang disurvei menyebutkan penyesalan romansa ini.

Kesimpulannya, melihat kembali kehidupan di masa silam memang dapat menyebabkan seseorang menyesali beberapa hal. Akan tetapi, pandangan ini diharapkan bisa menjadi pengingat untuk hidup lebih baik dengan lebih sedikit penyesalan.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA