Saturday, 14 Zulhijjah 1442 / 24 July 2021

Saturday, 14 Zulhijjah 1442 / 24 July 2021

Perempuan Indonesia Sudah tak Bisa Dipandang Sebelah Mata

Rabu 20 Apr 2016 20:57 WIB

Red: Karta Raharja Ucu

Pengemudi perempuan/Ilustrasi

Pengemudi perempuan/Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, SAMARINDA -- Ketua DPRD Kaltim, Syahrun menyatakan peranan perempuan saat ini sangat luar biasa dalam berbagai aspek kehidupan manusia. Kiprah perempuan pun menurut dia sudah bisa disejajarkan dengan kaum pria.

Menurut Syahrun mengatakan, bukti nyata emansipasi wanita sudah cukup berkembang pesat, dengan kiprah kaum perempuan dalam berbagai bidang pembangunan, seperti ekonomi, sosial, politik, pendidikan dan keagamaan. "Bahkan di Indonesia pun juga pernah dipimpin oleh perempuan, yakni ketika Ibu Megawati Soekarno Putri menjabat sebagai presiden RI," katanya di Samarinda, Rabu (20/4).

Ia berpendapat, perempuan sudah tidak bisa dianggap sebelah mata. Karena faktanya mereka bisa berkiprah positif di mana saja, baik dalam tugas tanggung jawab pribadinya sebagai ibu Rumah Tangga, ataupun tanggung jawab dengan pekerjaan yang melekat kepadanya.

"Di Indonesia kiprah kaum perempuan sudah mengalami kemajuan yang luar biasa, hampir di seluruh bidang sudah ada peran perempuannya," ucap dia.

Ia mencontohkan, banyak kaum perempuan yang menjadi kepala desa, camat, bupati, wali kota, gubernur, hakim, polisi, pilot, politikus, pelaku bisnis hingga presiden. "Tapi kita semua tentu berharap di samping peran positif ini, perempuan sebagai seorang ibu harus tetap mempunyai andil besar dalam membesarkan anak-anaknya untuk menjadi orang yang berguna?bagi bangsa dan negara," kata Haji Alung, sapaan akrab H Syahrun menanggapi peranan wanita masa kini, dikaitkan dengan semangat Kartini.

Menurut politikus Partai Golkar ini, tugas perempuan sebagai ibu, istri dan anggota masyarakat harus disinergikan dengan baik dan terpadu, agar semua merasakan manfaat positif kehadiran seorang perempuan. "Seperti teman-teman perempuan di DPRD Kaltim, mereka juga luar biasa. Saya berharap peran mereka bisa lebih maksimal lagi dalam membela hak-hak rakyat, khususnya perempuan dan anak-anak," ucap dia berharap.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA