Senin 18 Apr 2016 12:10 WIB

Serunya Mahasiswa Unas Gelar KKL di Rimbang Baling

Rep: Dadang Kurnia/ Red: Dwi Murdaningsih
Universitas Nasional
Foto: Edwin Dwi Putranto/Republika
Universitas Nasional

REPUBLIKA.CO.ID, RIAU -- Universitas Nasional (Unas) menggelar Kuliah Kerja Lapangan (KKL) di Suaka Marga Satwa Rimbang Baling, Desa Tanjung Belit, Kecamatan Kampar Kiri Hulu, Kabupaten Kampar, Provinsi Riau. Kegiatan yang berlangsung dari tanggal 15 April-21 April 2016 ini, diharapkan bisa menumbuhkan kepedulian mahasiswa terhadap lingkungan.

"Dari segi pambinaan soft skill, supaya (mahasiswa) tumbur rasa peduli dengan lingkungan," kata Dekan Fakultas Biologi Universitas Nasional, Imran Said Lumban Tobing, Senin (18/4).

Imran menjelaskan, KKL ini merupakan pembinaan keilmuan, dimana para mahasiswa dilatih melakukan penelitian untuk kemudian ditulis dalam bentuk makalah, sebelum akhirnya diseminarkan. Pada KKL kali ini, mahasiswa difokuskan pada tujuh konsentrasi penelitian.

Ketujuh konsentrasi tersebut adalah meneliti mamalia (non primata), meneliti primata, meneliti burung,  eksplorasi jamur,  ekologi manusia yang fokus pada kearifan lokal, etno botani yang meneliti pemanfaatan tumbuhan oleh masyaratak, serta bio prospeksi, yaitu meneliti prospek tumbuhan lokal yang bisa dikembangkan untuk pertumbuhan ekonomi.

"Jadi hasil pembelajaran di lima smester yang sudah dijalani, diaplikasikan di sini," ucap Imran.

Alasan pemilIhan Rimbang Baling sebagai lokasi objek penelitian, lanjut Imran, karena kondisi sumber daya alam di Pulau Sumatera, terutama di Riau masik baik. Tak hanya itu, kepedulian masyarakat terhadap kearifan lokal juga masih sangat tinggi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement