Jumat 15 Apr 2016 08:30 WIB

Ini Kebiasaan yang Perlu Dihindari Saat Bangun Tidur

Rep: c27/ Red: Andi Nur Aminah
Godaan untuk tidak mematikan alarm pembangun tidur memang besar, tapi demi kebaikan hindari itu.
Foto: pexels
Godaan untuk tidak mematikan alarm pembangun tidur memang besar, tapi demi kebaikan hindari itu.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Setiap orang memiliki rutinitas yang berbeda-beda ketika bangun tidur. Tapi ada beberapa rutinitas perlu dihindari agar tidak menimbulkan efek yang kurang baik.

Mungkin sering ketika bangun tidur, Anda langsung mengecek telepon pintar di samping tempat tidur. Atau sengaja bermalas-malasan menunda untuk lekas bangun dari tempat tidur. Mungkin ini terlihat tidak ada salahnya, tapi tunggu dulu. Berikut ini beberapa hal yang terlihat seperti perilaku umum ketika bangun tidur yang justru sebenarnya harus dihindari.

Menekan tombol tunda pada alarm

Terkadang alarm sudah berbunyi sesuai pengaturan yang Anda sepakati. Tapi sering kali sengaja tombol tunda yang ditekan sehingga lima atau 10 menit kemudian alarm berbunyi kembali. Hal ini terlihat tidak masalah, tapi justru bukan ide yang baik.

"Kebanyakan spesialis tidur berpikir bahwa tunda alarm bukan ide yang baik," ujar pakar Tidur Timothy Morgenthaler kepada Business Insider's.

Jika sudah menekan tombol tunda, Anda kembali pada proses siklus tidur. Sehingga ketika bangun justru tidak mengalami kesegaraan. Anda perlu tahu seberapa lama kebutuhan tidur, sehingga ketika malam Anda sudah mengaturnya agar tepat dengan kebutuhan itu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement