Thursday, 19 Zulhijjah 1442 / 29 July 2021

Thursday, 19 Zulhijjah 1442 / 29 July 2021

Penari Amerika Terpesona Keindahan Alam Halmahera Barat

Kamis 07 Apr 2016 21:55 WIB

Red: Ilham

Alam di Halmahera (ilustrasi)

Alam di Halmahera (ilustrasi)

Foto: Antara/Rosa Panggabean

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Direktur Artistik dan Koreografer tarian kontemporer Dance Heginbotham, John Geinbotham dari Amerika Serikat terpesona dengan keindahan alam di Jailolo, Kabupaten Halmahera Barat, Provinsi Maluku Utara. Ia dan grup tarinya mengunjungi Festival Teluk Jailolo.

"Ah, sangat indah. Jailolo tempat yang sangat indah," kata John kepada pewarta seusai menampilkan tarian Dance Heginbotham di Jakarta, Kamis (7/4).

John yang telah menciptakan lima judul tarian Dance Heginbotham tersebut menganalogikan keindahan alam Jailolo sebagai seni tari yang teramat indah. "Apabila ada seorang koreografer yang mengubah keindahan alam Jailolo ke dalam bentuk tarian dan mempertunjukkannya pada semua orang, pasti dia akan sangat terkenal," kata John.

Tidak hanya keindahan alam, grup tari Dance Heginbotham juga sangat tertarik dengan kearifan lokal yang ada di Jailolo. Ia menyebut masyarakat Jailolo sebagai orang-orang yang sangat ramah dan menyenangkan. Bahkan, John menyebut bahwa warga Jailolo sebagai penonton paling mengagumkan yang pernah ditemuinya sepanjang menampilkan pertunjukan tari.

John mengatakan, warga Jailolo sangat antusias dengan apa yang dibawakan oleh grup tari Dance Heginbotham. Masyarakat dengan setia menonton tarian meski diguyur hujan lebat. Selain itu warga Jailolo juga selalu memberikan tepuk tangan yang tiada henti atas tarian yang dipertontonkan. Hingga akhirnya pertunjukkan Dance Heginbotham berubah menjadi pesta dansa yang diikuti oleh semua warga saat pertunjukkan selesai.

Kecamatan Jailolo di Halmahera Barat beberapa tahun terakhir memang sedang naik daun berkat adanya Festival Teluk Jailolo. Tempat wisata tersebut terkenal dengan keindahan alam bawah lautnya yang menghadirkan spesies hewan laut yang jarang ditemui di tempat lain.

Grup tari asal Amerika Dance Heginbotham mengadakan tur ke Asia Tenggara dengan mengunjungi Laos, Filipina, dan Indonesia. Di Indonesia, Dance Heginbotham mengunjungi beberapa tempat untuk mempertunjukan tarian serta mengadakan kelas tari seperti di Universitas Negeri Jakarta, Institut Kesenian Jakarta, Universitas Negri Yogyakarta, dan di Ternate saat Festival Teluk Jailolo.

Selain itu, Dance Heginbotham juga mempertunjukan tarian di America Pacific Place dan Teater Salihara. Tarian kontemporer Amerika yang diciptakan oleh John Heginbotham tersebut memadukan unsur atletik, humor, dan teater yang diiringi oleh musik dari piano dan akordeon. Tarian tersebut memunculkan gerakan-gerakan tarian yang berbasis dari tarian balet.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA