Selasa 05 Apr 2016 08:01 WIB

5 Makanan 'tidak Sehat' yang Ternyata Menyehatkan

Rep: C34/ Red: Indira Rezkisari
Telur merupakan sumber protein, lemak sehat, vitamin, dan mineral.
Foto: pixabay
Telur merupakan sumber protein, lemak sehat, vitamin, dan mineral.

REPUBLIKA.CO.ID, Ada stereotip dalam pedoman gizi yang mengategorikan makanan tertentu adalah penjahat bagi diet Anda. Namun, sejumlah asupan yang dianggap makanan penjahat itu rupanya tidak seburuk yang Anda pikirkan dan justru malah sehat bagi tubuh.

Menurut dosen ilmu gizi di King College London, Scott Harding, semua makanan masuk ke dalam diet sehat. Berikut lima makanan yang dianggap 'tidak sehat' tapi benar-benar dibutuhkan tubuh Anda.

Telur

Telur sering disebut buruk untuk kesehatan jantung, karena tiap butirnya mengandung 185 mg kolesterol yang menyebabkan darah tinggi. Tapi penelitian selama 20 tahun terakhir malah menganjurkannya karena telur merupakan sumber protein, lemak sehat, vitamin, dan mineral.

Margarin

Margarin, yang terbuat dari lemak nabati, telah digunakan di sebagian besar negara maju sejak pertengahan abad ke-19 untuk menggantikan mentega. Meski sempat dihindari karena mengandung lemak trans yang dikaitkan dengan penyakit jantung, margarin sesungguhnya aman untuk dikonsumsi dan mengolah makanan.

Kentang

Kentang pernah dianggap tidak sehat karena indeks glikemik yang tinggi dan sering dikaitkan dengan makanan yang terbuat dari karbohidrat olahan. Padahal, kentang merupakan sumber yang kaya karbohidrat, vitamin C, vitamin B, dan mineral.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement