Senin 04 Apr 2016 10:13 WIB

Bibir Bermasalah? Mungkin Anda Sakit Ini

Rep: Desy Susilawati/ Red: Indira Rezkisari
Kesehatan tubuh bila dilihat salah satunya lewat bibir.
Foto: wikipedia
Kesehatan tubuh bila dilihat salah satunya lewat bibir.

REPUBLIKA.CO.ID, Bibir ternyata bukan hanya berguna untuk mengecup pasangan atau orang terkasih saja. Tapi dapat menjadi petunjuk dan informasi tentang kesehatan Anda secara keseluruhan.

Dalam laman Prevention, Senin (4/4) dijabarkan beberapa hal mengenai kesehatan yang tercermin dari bibir Anda.

Bibir membesar

Bibir Anda bengkak? Keith Arbeitman, DDS, dari Arbeitman & Shein Dentistry di Manhattan mengatakan pembengkakan bisa menjadi tanda dari sebuah reaksi alergi. Pada awalnya, bibir Anda akan terlihat lebih besar dari ukuran normal dan mulai kesemutan. "Tapi jika Anda mulai tampak seperti bebek, Anda mungkin harus pergi ke ruang gawat darurat,” ujar Arbeitman.

Dalam banyak kasus itu terjadi ketika Anda makan malam. Kemudian menyebabkan pembengkakan. Gejala lain adalah mata berair, kulit gatal, atau rasa gatal dengan kulit merah juga akan muncul.

Bibir pecah-pecah

Jika Anda melakukan diet sehat dengan keras, Anda akan mudah kehilangan beberapa nutrisi penting. "Dan kadang-kadang kekurangan nutrisi ini bisa terlihat di bibir Anda," jelas Diane Madfes, MD, dokter kulit dan anggota dari American Academy of Dermatology.

Jika bibir Anda tiba-tiba kering atau pecah-pecah (retak) dan terasa sakit terutama di sudut mulut Anda, ini adalah tanda Anda kekurangan zat besi, seng, vitamin B3, atau vitamin B6. Mungkin diet Anda memang salah, tapi solusi sederhananya adalah menambahkan sedikit daging merah untuk diet Anda setiap sekali makan. Karena daging merah adalah salah satu sumber besi dan seng terkaya.

Anda juga dapat menemukan besi, seng, dan vitamin B dalam makanan seperti salmon, telur, dan sayuran berdaun hijau yang bisa Anda tambahkan smoothie.

Untuk amannya, pergi ke dokter Anda untuk tes darah jika Anda menduga alami kekurangan nutrisi. Dalam beberapa kasus, Anda mungkin perlu suplemen.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement