Sabtu 02 Apr 2016 18:22 WIB

Kalah dari Kevin/Gideon, Pasangan Malaysia tak Mau Berjabat Tangan

Kevin Sanjaya/Marcus Gideon Fernaldi melangkah ke semifinal SEA Games 2015
Foto: PBSI
Kevin Sanjaya/Marcus Gideon Fernaldi melangkah ke semifinal SEA Games 2015

REPUBLIKA.CO.ID, NEW DELHI -- Indonesia memastikan satu gelar di sektor ganda putra dalam turnamen India Open Super Series 2016. Dua pasangan Indonesia, Angga Pratama/Ricky Karanda Suwardi dan Kevin Sanjaya Sukamuljo/Gideon Marcus Fernaldi mengalahkan lawan-lawannya di semifinal, Sabtu (2/4).

Angga/Ricky yang ditempatkan sebagai unggulan tujuh berhasil membalas kekalahannya terhadap pasangan unggulan lima dari Korea Selatan, Ko Sung Hyun/Shin Baek Cheol dengan 21-18, 6-21 dan 21-19. Pada babak final New Zealand Open Grand Prix Gold 2016, Angga/Ricky harus mengakui ketangguhan Ko/Shin.

Sementara itu, laga panas juga tersaji di babak semifinal lainnya yang mempertemukan Kevin/Gideon melawan pasangan Malaysia, Goh V Shem/Tan Wee Kiong. Kali ini merupakan pertemuan kedua dengan pertemuan pertama dimenangkan Goh/Tan.

Sejak awal gim pertama, Kevin/Gideon mendominasi permainan dengan bola-bola depan yang menyulitkan pasangan Malaysia. Kevin/Gideon unggul dari 11-8, 15-12, 18-14 dan mencuri gim pertama dengan 21-15.

Pada gim kedua, Goh/Tan berupaya mengubah pola permainan dengan memberikan servis-servis panjang. Strategi tersebut cukup efektif. Kevin/Gideon yang sempat unggul 7-2 dan 10-5, disamakan kedudukannya menjadi 11-11 dan 12-12.

Kevin/Gideon sempat unggul lagi dengan 17-14. Tapi Goh/Tan kembali menyamakan kedudukan dengan 17-17. Saat-saat yang kritis, Goh/Tan terkecoh dengan tiga servis panjang yang dilepaskan Kevin. Goh/Tan memprotes kepada hakim namun diabaikan.

Saat kedudukan menjadi 20-17, Tan Wee Kiong memaksa untuk mengganti bola. Namun Kevin tidak menginginkannya. Bahkan Tan Wee Kiong memaksa menghampiri hakim servis untuk mengganti bola. Hakim pun tidak mengijinkannya karena bola dipegang di pihak Kevin/Gideon.

Karena sikap Tan Wee Kiong tersebut, hakim menghadiahinya sebuah kartu kuning sebagai peringatan. Tan Wee Kiong pun memberikan bola kepada Kevin. Setelah bola dipegang, Kevin mengganti bola yang diijinkan hakim.

Goh/Tan sempat memprotes kembali, namun ditolak hakim. Satu angka pun dituntaskan dengan kemenangan Kevin/Gideon menjadi 21-17. Namun saat kedua pasangan harus bersalaman di depan net, Tan Wee Kiong hanya menyalami Gideon dan tidak menyambut tangan Kevin.

Tan Wee Kiong langsung ke tempat tas pemain. Kevin berupaya mengadukan kepada hakim. Pasangan Tan, Goh V Shem menenangkan Kevin.

Sementara itu, Indonesia juga berpeluang menambah gelar juara di sektor ganda campuran. Pasangan Indonesia, Ricky Widianto/Puspita Richi Dilli lolos ke final setelah mengalahkan pasangan Thailand, Bodin Isshara/Savitree Amitrapai.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement