Kamis 31 Mar 2016 06:28 WIB

5 Khasiat Makanan Fermentasi

Rep: Ahmad Fikri Noor/ Red: Indira Rezkisari
Kimchi, makanan fermentasi khas Korea
Foto: pixabay
Kimchi, makanan fermentasi khas Korea

REPUBLIKA.CO.ID, Kita sering mendengar istilah makanan fermentasi. Tapi, seberapa dalam pengetahuan kita tentang makanan tersebut dan manfaatnya untuk tubuh?

Makanan fermentasi adalah makanan yang mengandung suatu bakteri yang bisa memecah karbohidrat dan meningkatkan kadar mikro organisme baik di dalamnya. Terdapat beberapa manfaat yang terkandung dari makanan fermentasi. Berikut di antaranya seperti dilansir dari Fox News.

Usus Lebih Sehat

Setelah melalui proses fermentasi, makanan akan mengandung banyak bakteri baik atau yang lebih dikenal dengan istilah probiotik. Hal itu bisa menjaga keseimbangan bakteri di dalam usus. Sejumlah kajian menunjukkan, dengan menjaga kesehatan usus bisa menurunkan risiko terkena kanker usus besar.

Yogurt adalah salah satu makanan hasil fermentasi yang mudah didapatkan. Yogurt mengandung 100 juta probiotik per gram. Untuk hasil lebih baik, pilihlah yogurt berkadar gula rendah.

Menurunkan Berat Badan

Bakteri bisa mengatur proses pembakaran dalam tubuh. Dengan memakan makanan fermentasi, Anda bisa mengurangi tingkat pembakaran rendah dalam tubuh yang mencegah Anda mengurangi berat badan.

Kajian menunjukkan, mengembalikan usus ke kondisi sehat juga bisa menjaga berat badan dalam kondisi sehat. Mikroba dalam usus mempengaruhi resistensi insulin dan membuang kalori berlebih di cadangan lemak.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement