Friday, 17 Syawwal 1445 / 26 April 2024

Friday, 17 Syawwal 1445 / 26 April 2024

Hadapi MEA, HNW Minta Bangsa Indonesia tak Minder

Selasa 29 Mar 2016 19:45 WIB

Rep: Dyah Ratna Meta Novia/ Red: Hazliansyah

Wakil Ketua MPR HIdayat Nur Wahid

Wakil Ketua MPR HIdayat Nur Wahid

Foto: Dokumen MPR

REPUBLIKA.CO.ID,  JAKARTA -- Wakil Ketua MPR RI Hidayat Nur Wahid meminta agar bangsa Indonesia tidak rendah diri (inferiority complex) saat menghadapi negara asing dalam konteks global.

"Rendah diri berbeda dengan rendah hati. Seharusnya sikap menghormati bangsa lain tidak menjadikan kita bangsa yang minder dengan warga asing, hadirnya MEA harus kita sikapi secara positif," kata Hidayat, Selasa, (29/3).

Bangsa Indonesia, terang dia, sejak awal telah berdimensi global. Hal itu ditunjukkan dengan masuknya beberapa pemikiran dari Timur Tengah yang dibawa oleh beberapa pahlawan atau ulama di Indonesia.

"Misalnya, Hasyim Asyhari dan Ahmad Dahlan yang membawa pemikiran saat melaksanakan Haji di Arab Saudi. Pengalamannya saat di luar itulah yang menginspirasinya berdakwah dan membebaskan tanah air dari para penjajah," ujar Hidayat.

Oleh karena itu, ujar Hidayat, sinergitas pemerintah dengan pengusaha harus ditingkatkan. Ini dilakukan agar kualitas pendidikan di tanah air menjadi lebih baik, terutama dalam bersaing di dunia global.

"Sinergitas inilah yang akan melahirkan nilai tambah dalam dunia pendidikan. Jangan sampai berjalan sendiri-sendiri," kata dia.

Para pengusaha jangan hanya memanfaatkan warga sebagai TKI tanpa ada intervensi dari pemerintah. Apalagi saat adanya MEA sekarang.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 
 
Terpopuler