Ahad 27 Mar 2016 22:14 WIB

Lorenzo Buka Persaingan Musim 2016

Rep: Anggoro Pramudya/ Red: Fernan Rahadi
Jorge Lorenzo
Foto: crash.net
Jorge Lorenzo

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pembalap Yamaha Movistar, Jorge Lorenzo, berhasil menuntaskan seri perdana ajang MotoGP Qatar di Sirkuit Losail musim 2016 sebagai yang tercepat. Ia mengungguli pembalap Ducati Andrea Dovizioso dan pembalap Honda, Marc Marquez, yang masing-masing finis di posisi kedua dan ketiga.

Sang juara bertahan membeberkan kunci kemenangan dalam balapan kali ini. "Pemilihan ban yang tepat adalah salah satu kunci dari sebuah balapan. Saya mencoba tipe hard saat pemanasan, tapi tidak mendapatkan perasaan yang tepat. Dan pada akhirnya saya mencoba ban soft dan akhirnya semua itu berjalan baik," katanya disadur Crash awal pekan in.

Pembalap berusia 28 tahun itu mengaku puas dengan raihannya pada seri pertama ini. hal itu disebabkan untuk mengawali musim, kuncinya adalah meraih podium teratas. "Penting untuk memulai musim dengan berada di podium dan memenangi lomba," katanya menambahkan.

Sementara itu, meski sudah berusaha keras untuk menjadi yang pertama, Dovizioso mengaku puas dengan hasil yang diraih di posisi kedua. Dirinya juga mengatakan sangat senang dengan perkembangan motor Desmosedici GP16 yang terlihat sangat maksimal di lintasan.

Hal ini memupuk rasa optimis The Little Dragon bersama Ducati untuk kembali bersaing menjadi yang terbaik di antara Yamah dan Honda. "Sangat sulit saat Anda bersaing di perlombaan dengan Marc Marquez yang tampil cukup baik hingga lap terakhir. Tetapi saya mengetahui bahwa mesin kami (Ducati) bisa mengalahkannya," tegas Dovi.

kendati sempat mengeluhkan beberapa perangkat yang belum menyatu dalam beberapa uji coba pramusim, Marc Marquez tetap tampil cemerlang dan membuktikan diri dengan finis di posisi ketiga. Sempat mengambil alih posisi Dovizioso di tempat kedua, juara dunia 2013 dan 2014 itu gagal mempertahankan posisinya dan harus puas finis di tempat ketiga setelah pada lap terakhir Dovizioso mampu kembali menyalipnya.

"Tikungan terakhir adalah satu-satunya kesempatan saya. Saya tahu akan disalip (Dovizioso) sebelum menyentuh garis finis. Namun saya senang dengan hasil maksimal yang saya dapat," katanya. Marquez menambahkan apabila mendapatkan 16 poin adalah hasil yang memuaskan untuk modal pada putaran berikutnya.

Di sisi lain, pembalap gaek Movistar Yamaha, Valentino Rossi, gagal memberikan penampilan terbaiknya pada balapan pertama di Losail tersebut. Memulai balapan dari posisi lima, The Doctor tersebut hanya mampu naik satu peringkat pada akhir balapan.

The Doctor gagal bersaing dengan rekan Lorenzo, Dovizioso, dan Marquez. Usai pertandingan, Rossi mengaku sangat sedih dengan hasil yang ia terima. Pembalap yang saat ini berusia 37 tahun itu mengeluhkan mesinnya yang kurang kompetitif dengan mesin rekan setimnya. Ia juga mengakui pada balapan tersebut dirinya tidak menampilkan performa yang baik. VR46 mengaku terlalu cepat dalam melakukan pengereman.

"Saya merasa kecewa karena seharusnya bisa naik podium. Saya sangat tidak senang. Saya bisa berkata bahwa tim ini mengalami masalah. Meski begitu kami tidak terlalu buruk," ujar Rossi.

Hasil GP Qatar

1    Jorge Lorenzo    (Yamaha Movistar)

2    Andrea Dovizioso    (Ducati)

3    Marc Marquez    (Honda Repsol)

4    Valentino Rossi    (Yamaha Movistar)

5    Dani Pedrosa    (Honda Repsol)

6    Maverick Vinales    (Suzuki Ecstar)

7    Pol Espargaro    (Yamaha Monster)

8    Bradley Smith    (Yamaha Monster)

9    Hector Barbera    (Avintia Racing)

10    Scott Redding    (Octo Pramac)

11    Aleix Espargaro    (Suzuki Ecstar)

12    Eugene Laverty    (Aspar Tim)

13    Alvaro Bautista    (Aprilia)

14    ack Miller    (Estrella Galicia)

15    Tito Rabat    (Estrella Galicia)

[removed][removed]

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement