Saturday, 21 Zulhijjah 1442 / 31 July 2021

Saturday, 21 Zulhijjah 1442 / 31 July 2021

Malaysia Hadirkan Kopi Terinspirasi Alquran dan Hadist

Ahad 27 Mar 2016 13:08 WIB

Rep: Adysha Citra R/ Red: Indira Rezkisari

Ahmad Dhani di sela-sela peluncuran kopi asal Malaysia Kopi Pak Belalng.

Ahmad Dhani di sela-sela peluncuran kopi asal Malaysia Kopi Pak Belalng.

Foto: Republika/Adysha Citra R

REPUBLIKA.CO.ID, Produsen kopi terkemuka asal Malaysia, PT Classic Worldwide International Group (CWIG) menghadirkan produk Kopi Pak Belalang di Indonesia. Uniknya, kopi yang berasal dari kopi arabika ini diformulasikan dengan bahan-bahan yang terinspirasi dari Alquran dan Hadist.

CEO sekaligus pendiri CWGI, Dato Sri Dr. Rozaini bin Hasan mengatakan ada lima bahan terbaik bagi kesehatan yang dimasukkan ke dalam salah satu dari tiga varian Kopi Pak Belalang. Kelima bahan tersebut ialah Habbatussauda, madu luban, maqui berry dan acai berry. Rozaini mengatakan kelima bahan ini dipilih karena khasiatnya diakui dunia dan beberapa bahan juga tertuang dalam Al-Quran (madu) serta hadist (habbatussauda).

"Lima ini kita ambil yang terbaik dari Al-Quran dan juga terbaik di dunia," jelas Rozaini saat ditemui Republika.co.id usai peluncuran Kopi Pak Belalang di Borobudur Hotel, beberapa waktu lalu.

Rozaini mengatakan ditambahkannya kelima bahan unggulan dalam Kopi Pak Belalang sebagai bentuk ikhtiar untuk menjaga kesehatan. Kopi Pak Belalang Reguler, lanjut Rozaini, merupakan varian yang dilengkapi oleh kelima bahan unggulan tersebut. Khusus untuk varian ini, anak umur dua tahun hingga orang tua bisa menikmatinya setiap hari tanpa perlu khawtir dengan adanya efek samping.

Sedangkan varian Kopi Pak Belalang premium diformulasikan dengan lebih menitikberatkan pada penjagaan kesehatan. Untuk varian ini, biji kopi arabika yang berkualitas dicampurkan dengan delima, kolagen serta madu dengan takaran yang seimbang dan tepat. Selain itu, varian premium ini juga mengandung white kidney bean yang memiliki khasiat untuk membantu tubuh dalam mengurangi jumlah zat tepung yang diubah menjadi gula dalam proses pencernaan. Dengan begitu, kalori yang masuk ke dalam tubuh pun akan berkurang.

"Misalnya untuk penjagaan seperti kecantikan kulit untuk wanita, ketahanan tubuh untuk laki-laki. Dari segi rasa juga cenderung lebih keras (kopinya)," tambah Rozaini.

Rozaini mengatakan varian ketiga merupakan varian khusus yang diproduksi di Indonesia, yaitu Kopi Pak Belalang ORI. Mengambil lokasi pabrik di Cipondoh, Rozaini mengatakan varian ORI ini hadir murni sebagai kopi arabika. Ia menyadarj bahwa selama ini para pecinta kopi arabika tak memiliki banyak kesempatan untuk menyeruput kopi arabika karena harganya yang cenderung mahal. Selain itu, cukup banyak kopi arabika instan yang lebih menonjolkan perisa kopi dibandingkan menggunakan biji kopi asli arabika.

Oleh karena itu, melalui Kopi Pak Belalang ORI, Rozaini berharap akan ada lebih banyak ornag yang dapat menikmati kopi arabika otentik dengan harga terjangkau. Varian yang akan diproduksi di sebuah pabrik besar di Cipondoh ini juga akan diekspor ke Malaysia.

"Di Malaysia belum ada (varian ORI). Untuk pabriknya, akan menyerap tenaga kerja lokal sekitar 100 hingga 150 pekerja untuk tahap awal," jelas Rozaini.

Siap bersaing dengan kopi-kopi Indonesia, Kopi Pak Belalang hadir di Indonesia dengan menggandeng musisi terkenal Ahmad Dhani sebagai dutanya. Menurut Ahmad Dhani, Kopi Pak Belalang berhasil menghadirkan kopi instan yang benar-benar kuat dari segi kopinya.

"Ini kan kopi premium. Kopi (instan) biasanya hanya esensi perisa kopinya yang banyak, tapi kopinya sedikit. Kalau ini esensi kopinya yang lebih banyak," ujar Dhani.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA