Jumat 25 Mar 2016 10:15 WIB

5 Sumber Lemak Terbaik Bagi Tubuh

Rep: C34/ Red: Winda Destiana Putri
Minyak zaitun
Foto: olimila
Minyak zaitun

REPUBLIKA.CO.ID, Tidak perlu takut mendengar kata lemak. Faktanya, lemak adalah nutrisi yang penting bagi tubuh serta merupakan sumber energi selain karbohidrat dan protein.

Para pakar dari Fresh Fitness Food menyebutkan, lemak berfungsi dalam penyerapan vitamin, mengintegrasi membran, transmisi saraf, dan mempertahankan suhu tubuh. Lemak baik juga berfungsi sebagai 'bahan bakar dan menimbulkan rasa kenyang.

Jenis lemak baik antara lain Polyunsaturated (PUFA) dan Monounsaturated (MUFA). Agar asupan nutrisi tubuh tak terganggu, berikut sumber lemak terbaik yang bisa Anda masukkan dalam diet Anda.

Ikan

Ikan salmon, trout, mackerel, dan sarden adalah sumber terbaik lemak baik. Lemak yang diproduksi oleh jenis-jenis ikan tersebut mengandung konsentrasi tertinggi omega 3 asam lemak, yang terbukti menyehatkan jantung, otak, dan tulang.

Kacang

Kacang tanah, kenari, almond, dan pistachio mengandung asam lemak omega 3, protein, dan serat. Tak hanya menyehatkan, camilan ini juga akan membantu Anda merasa kenyang dan menekan nafsu makan.

Alpukat

Selain merupakan sumber lemak baik, alpukat juga bagus untuk kulit karena mengandung antioksidan dan vitamin E yang membantu menjaga kulit tetap halus dan kenyal.

Minyak zaitun

Sumber lemak ini sangat membantu dalam mengoptimalkan fungsi kardiovaskular, melancarkan aliran darah, dan memperbaiki fungsi kognitif.

Biji-bijian

Biji labu, bunga matahari, dan wijen merupakan sumber lemak, zat besi, seng, kalsium, protein, kalium, magnesium, vitamin E, dan folat. Rutin mengonsumsinya akan menyehatkan rambut, kulit, dan kuku Anda.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement