Monday, 5 Syawwal 1442 / 17 May 2021

Monday, 5 Syawwal 1442 / 17 May 2021

Mau Utang Anda Cepat Lunas, Lakukan 5 Hal Ini

Rabu 23 Mar 2016 14:46 WIB

Red: Indira Rezkisari

Memberi uang, dan membayar hutang (ilustrasi).

Memberi uang, dan membayar hutang (ilustrasi).

Foto: Republika/Musiron

REPUBLIKA.CO.ID, Masalah utang piutang sudah pasti mengganjal pikiran dan batin. Selain itu, utang pun sering menjadi pengganggu rencana-rencana keuangan yang sudah diterapkan pada awal tahun atau awal bulan. Jika tidak punya cara dan trik untuk melunasi utang dengan baik, bisa-bisa kita jadi stres dan masuk rumah sakit karena beban pikiran yang menumpuk.

Oleh karena itu, agar hidup terasa lebih santai dan tidak seperti dikejar utang, berikut ada tips yang bisa Anda ikuti untuk melunasi utang Anda.

Pecahkan Tabungan

Jumlah utang yang ideal itu biasanya adalah sepertiga dari gaji pokok kita. Kalau diubah ke persen, jumlahnya sekitar 30 persen. Sebagai contoh, jika gaji pokok Rp 6 juta per bulan, utang Anda idealnya per bulan adalah Rp 1,8 juta. Tapi, kadang jumlah utang bisa lebih dari itu karena sering terjadi hal yang tidak terduga.

Jika hal ini sudah terjadi, memecahkan tabungan Anda adalah cara yang bisa dilakukan. Bayarlah utang Anda dengan uang tabungan. Ketika utang sudah terbayar, gunakan gaji Anda untuk kembali menabung sebagai dana simpanan pada masa depan atau untuk dana tak terduga.

Sedikit Berhemat

Berfoya-foya bersama teman adalah hal yang wajar, apalagi bagi Anda yang sudah punya penghasilan sendiri. Namun, semua ini mungkin akan berbeda jika Anda memiliki utang. Jika ini sudah terjadi, salah satu caranya adalah Anda bisa memotong pengeluaran yang biasanya dipakai untuk membayar utang.

Ketika Anda memotong pengeluaran dari sektor itu, otomatis Anda harus sedikit berhemat dan mengurangi foya-foya bersama teman-teman. Tapi, jangan berhemat terlalu ekstrem, bahkan sampai harus berpuasa. Misalkan, jika Anda biasanya makan di restoran ternama, cobalah sesekali untuk makan di warteg atau warkop yang harganya lebih murah. Hal kecil seperti ini dapat memangkas pengeluaran Anda.

Artikel ini merupakan kerja sama antara Republika.co.id dengan Cermati.com, portal pembanding produk keuangan Indonesia.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA