Rabu 23 Mar 2016 13:19 WIB

Ini Dia Manfaat Tersembunyi Jeruk Hingga Kulitnya

Rep: Adysha Citra R/ Red: Indira Rezkisari
Buah jeruk
Foto: ist
Buah jeruk

REPUBLIKA.CO.ID, Jeruk tak hanya memiliki rasa yang menyegarkan dan dapat diolah menjadi berbagai kudapan lezat. Lebih dari itu, jeruk juga mengandung magnesium, potassium hingga vitamin yang kaya dan baik bagi kesehatan.

Manfaat jeruk bagi kesehatan tidak hanya terdapat pada bagian dagingnya saja. Kulit jeruk pun memiliki beberapa manfaat bagi kesehatan tubuh. Untuk mengenal lebih jauh manfaat menyeluruh daging dan kulit jeruk, berikut ini ialah berbagai manfaat yang hadir dari buah jeruk.

Daging Buah Jeruk

Salah satu keunggulan buah jeruk ialah kandungan vitamin C yang kaya. Konsumsi vitamin C langsung dari jeruk dapat menurunkan risiko terjadinya kanker usus besar. Kandungan vitamin C dalam jeruk ini juga memungkinkan jeruk untuk mengurangi radikal bebas dalam tubuh yang mampu merusak DNA. DNA yang 'terancam' oleh radikal bebas ini berhubungan dengan paru-paru, kanker payudara dan juga kulit.

Vitamin C yang terkandung dalam jeruk juga memegang peranan penting bagi sistem kekebalan tubuh. Dengan membaiknya sistem kekebalan tubuh, tubuh juga menjadi lebih kebal terhadap demam dan infeksi kuping.

Buah jeruk juga memiliki kandungan plethora yang berasal dari vitamin B6. Kandungan plethora ini dapat membantu tubuh untuk memproduksi hemoglobin sehingga tekanan darah tubuh dapat terjaga.

Jeruk juga dapat menjadi alternatif makanan ringan yang sehat bagi penderita diabetes. Gula alami dalam jeruk, yaitu fruktosa, membantu kadar gula dalam tubuh tidak melonjak usai penderita diabetes mengonsumsi buah jeruk. Selain itu, serat yang terdapat dalam buah jeruk dapat menjaga kadar gula darah tetap terkontrol.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement