Monday, 23 Zulhijjah 1442 / 02 August 2021

Monday, 23 Zulhijjah 1442 / 02 August 2021

Sejarah Hari Ini: AS Memulai Invasi Irak

Sabtu 19 Mar 2016 05:30 WIB

Rep: Gita Amanda/ Red: Ani Nursalikah

Tentara AS di Irak, ilustrasi

Tentara AS di Irak, ilustrasi

Pada malam ini 19 Maret 1953, untuk pertama kalinya, penonton dapat duduk di ruang tamu dan menonton penghargaan paling bergengsi di dunia film, Academy Awards. Pemberian penghargaan kala itu berlangsung di RKO Pantages Theatre di Hollywood, Kalifornia.

Dilansir History.com, kepentingan publikasi Oscar sangat tinggi. Maka, 19 Maret 1953 menandai pertama kalinya Academy Awards yang disiarkan di media televisi. Jaringan TV National Broadcasting Company (NBC) menayangkan upacara penghargaan tahunan ke 25 langsung dari RKO Pantages Theatre Hollywood.

Bob Hope kala itu menjadi pembawa acaranya. Sementara Fredric March, dua kali pemenang Academy Award untuk Aktor Terbaik membacakan penghargaan.

John Ford memenangkan Sutradara Terbaik untuk The Quiet Man. Aktor dan aktris terbaik diraih Gary Cooper (High Noon) dan Shirley Booth (Come Back, Little Sheba).

NBC menyiarkan Oscar sampai 1961. Amerika Broadcasting Company (ABC) mengambil alih untuk dekade berikutnya, termasuk penghargaan pertama yang disiarkan dalam format berwarna pada 1966. NBC kembali menayangkan Academy Award pada awal 1970, kemudian kembali ke ABC pada 1976 dan terus menyiarkan setiap Academy Awards sejak itu.

Selanjutnya: Aktor Bruce Willis Berulang Tahun ke 61





BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA