Jumat 18 Mar 2016 13:01 WIB

Buat Perubahan di Motor, Catatan Marquez Justru Memburuk

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Israr Itah
Marc Marquez
Foto: EPA/FAZRY ISMAIL
Marc Marquez

REPUBLIKA.CO.ID, QATAR -- Sempat mencatat waktu terbaik keempat pada salah putaran, pembalap MotoGP dari Repsol Honda, Marc Marquez menunjukkan langkah mundur. Dalam hasil akhir sesi latihan bebas pertama jelang GP Qatar di Sirkuit Losail, Kamis (17/3), Marquez hanya menempati posisi kedelapan dengan waktu satu menit 56,258 detik.

Marquez terpaut 0,8 detik di belakang pembalap Yamaha, Jorge Lorenzo. Modifikasi elektronik (ECU) yang kembali dilakukan pada motornya disebut-sebut menjadi bumerang bagi kuda besi bernomor 93 ini.

"Yah, hari ini bukan awal musim terbaik karena ada masalah kecil. Kami mengubah beberapa parameter elektronik, berharap efeknya berbeda dan tentunya lebih baik untuk motor. Ternyata perubahan yang muncul benar-benar besar dan jauh berbeda dari perkiraan," kata Marquez, dilansir dari Crash, Jumat (18/3).

Alasan ini membuat Marquez tak bisa menemukan solusi saat memacu kendaraannya di sirkuit. Dia membalap dua lap dan berhenti satu lap, kemudian mengulangi hal yang sama. Pada lap-lap awal, rem mesin dan akselerasi motornya bekerja cukup baik. Seketika itu semua berubah setelah pengujian berlangsung beberapa lap.

"Kami akan mencoba memperbaikinya besok," katanya.

Seri pertama MotoGP 2016 akan dimulai di Qatar pada Ahad (20/3) atau Senin (21/3) dini hari WIB. Rekan satu tim Marquez, Dani Pedrosa berada di posisi ketujuh tercepat. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement