Jumat 18 Mar 2016 11:57 WIB

Empat Lembaga Ini Rayakan 25 Tahun Kebersamaan di MotoGP

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: M Akbar
Balap MotoGP
Foto: REUTERS/Olivia Harris
Balap MotoGP

REPUBLIKA.CO.ID, QATAR -- MotoGP 2016 terasa sedikit berbeda. Tahun ini bukan hanya menjadi tahun bertabur bintang, tapi juga perayaan 25 tahun kebersamaan empat lembaga yang saling bahu membahu mempopulerkan olah raga ekstrem ini, yaitu FIM, IRTA, MSMA dan Dorna.

Promotor Dorna pada kejuaraan tahun ini akan lebih sering memasang logo '25 Years Racing Together' di berbagai even. Slogan ini akan terlihat di seluruh akhir pekan balapan, juga di podium.

Penyelenggara balapan elite sejak 1992 ini akan memperkaya musim tahun ini dengan berbagai acara khusus, terutama pameran. Balapan motor ekstrem sebetulnya sudah dikenal dunia sejak 1949. Namun, saat itu belum ada agenda perlombaan permanen sampai Dorna berinisiatif mengadakannya pada 1992.

"Olah raga MotoGP ini sangat kompleks dari sisi organisasi, namun kami mempunyai massa dan jaringan luas. Masing-masing memiliki peran sendiri dan yang terpenting, semuanya bekerja keras untuk mencapai tujuan bersama,'' kata Presiden FIM, Vito Ippolito, dilansir dari Speedweek, Jumat (18/3).

''Dalam 25 tahun ini, FIM konsisten mendukung mitra-mitra kami untuk menghidupkan kejuaraan ini. Kami sudah menjalani masa-masa sulit dan sekarang kami bisa merayakannya bersama."

Ketua Motorcycle Sports Manufacturers Association (MSMA), Masahiro Yoshida menambahkan Dorna sudah memimpin MotoGP dengan sangat baik. Meski demikian, segala keberhasilan ini merupakan buah usaha bersama lewat kemitraan kuat dan loyal.

Presiden IRTA, Hervé Poncharal menyebut 25 tahun terakhir sangat luar biasa. Ia mengakui hubungan IRTA dengan FIM dan Dorna sempat kurang baik, namun semuanya tetap bekerja keras dan kembali harmonis.

Dorna tak hanya berhasil memastikan MotoGP berlangsung memenuhi standar teknologi dan keamanan, namun juga pemasaran yang mengesankan.

CEO Dorna, Carmelo Ezpeleta tak ketinggalan menyampaikan terima kasih kepada ketiga rekannya. Menurutnya, tahap demi tahap yang mereka lewati tak mudah.

"Kami sudah bekerja sama sekian lama di berbagai bidang. Semua membuat kejuaraan dunia ini lebih baik. FIM, IRTA, MSMA dan Dorna akan terus bergandengan tangan," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement