Saturday, 15 Rajab 1442 / 27 February 2021

Saturday, 15 Rajab 1442 / 27 February 2021

Trump Kalah Telak di Washington DC

Ahad 13 Mar 2016 20:02 WIB

Rep: Lida Puspaningtyas/ Red: Ilham

Donald Trump

Donald Trump

Foto: AFP

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Senator Florida, Marco Rubio, menang dengan mudah dalam kaukus Partai Republik di ibu kota Amerika Serikat, Washington DC, Sabtu (12/3). Sementara, miliarder yang selama ini menjadi terdepan, Donald Trump, kalah telak.

Dilansir Telegraph, Rubio memperoleh 37,3 persen suara, diikuti oleh Gubernur Ohio John Kasich dengan 35,5 persen suara. Trump berada di posisi ketiga dengan perolehan 13,8 persen suara dukungan. Rubio memenangkan 10 dari 19 delegasi Washington DC, sementara Kasich membawa pulang sembilan, Trump kosong.

Washington dikenal sebagai kota Demokrat dengan hanya enam persen teregistrasi sebegai Republik. Sementara di barat, Wyoming, Senator Texas Ted Cruz juga menggilas perolehan suara Trump dengan memenangkan 66,3 persen suara kaukus.

Di posisi kedua, Rubio membawa pulang 19,5 persen dan Trump hanya 7,2 persen. Ini membuat Cruz memenangkan sembilan delegasi, sementara Rubio dan Trump memenangkan satu delegasi masing-masing.

Kekalahan Trump ini terjadi setelah pemimpin Partai Republik ramai-ramai menolaknya menjadi nominasi setelah sekian lama ia memimpin. Trump marah karena jutaan dolar telah digelontorkan untuk membuat iklan melawan dirinya.

Sementara itu, dalam pertarungan Demokrat, Hillary Clinton semakin menunjukkan taringnya. Ia memenangkan kaukus di Pulau Mariana. Mantan menteri luar negeri ini mendapat empat delegasi, sementara rivalnya Bernie Sander menang dua delegasi.

Ajang besar selanjutnya akan dilakukan pada Selasa ketika primary digelar di lima negara bagian yang kaya akan delegasi. Yakni, Florida, Illinois, Missouri, North Carolina, dan Ohio.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA