Jumat , 11 Mar 2016, 19:02 WIB

Jokowi Target Bangun Delapan Waduk Tahun Ini

Rep: satria kartika yudha / Red: Taufik Rachman
MgBDG_MJ05
Waduk Jatigede, Kabupaten Sumedang, Senin (15/2).  (foto : MgBDG_MJ05)
Waduk Jatigede, Kabupaten Sumedang, Senin (15/2). (foto : MgBDG_MJ05)

REPUBLIKA.CO.ID,  KARANGANYAR -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) menargetkan membangun delapan waduk pada tahun ini. Pembangunan delapan waduk ini merupakan bagian dari 49 waduk yang ditargetkan dibangun hingga 2019.

"Tahun kemarin sudah dibangun 13 waduk. Tahun ini akan dibangun delapan waduk,"  kata Jokowi saat meninjau pembangunan Waduk Gondang di Kecamatan Kerjo, Kabupaten Karanganyar, Jumat (11/3), berdasarkan siaran pers dari Tim Komunikasi Presiden.

Delapan waduk yang akan dibangun tahun ini adalah Waduk Rukoh di Aceh, Waduk Sukoharjo di Lampung, Waduk Kuwil Kawangkoan di Sulawesi Utara, Waduk Ladongi di Sulawesi Tenggara, Waduk Ciawi di Jawa Barat, Waduk Sukamahi di Jawa Barat, Waduk Leuwikeris di Jawa Barat, dan Waduk Cipanas di Jawa Barat.

Terkait Waduk Gondang, Jokowi menyebut proses pembangunannya sudah mencapai 24 persen. Ia berharap pembangunan waduk sudah bisa selesai pada akhir tahun ini. "Kalau dikerjakan pagi siang malam, tiga shift, Insya Allah tahun ini selesai," ucap Jokowi.

Waduk Gondang akan mengairi daerah irigasi kurang lebih 4800 hektare baik yang berada di Karanganyar maupun di Sragen.

Jokowi berharap pembangunan waduk Gondang dapat meningkatkan hasil pertanian di wilayah ini. "Kita harapkan selesainya waduk, mestinya akan meningkat baik berkaitan dengan padi maupun produksi lainnya," ujar Jokowi.

Video

Setjen DPR RI Komit Berdayakan Perempuan