Kamis 10 Mar 2016 11:58 WIB

Ekstrak Daun Sirih Efektif Cegah Pertumbuhan Kuman di Area Kewanitaan

Daun sirih
Daun sirih

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Manfaat daun sirih sebagai bahan alami sudah dikenal sejak ratusan tahun lalu. Salah satunya, daun sirih dipercaya wanita Indonesia dalam menjaga kebersihan dan kesehatan area kewanitaan.

Daun sirih mengandung antiseptik yang berasal dari turunan zat Fenol yang disebut Kavikol. Zat ini memiliki kemampuan antiseptik lima kali lipat dari antiseptik pada fenol biasa.

Hal inilah yang menjadi dasar PT. Softex Indonesia mengenalkan rangkaian pembalut dan pantyliner dengan ekstrak daun sirih alami yang berfungsi untuk menghambat bakteri.

"Softex daun sirih adalah merek pembalut pertama di Indonesia yang memiliki rangkaian lengkap produk pembalut dan pantyliner dengan kandungan ekstrak alami daun sirih," ujar Ekayani Go, Marketing Manager PT. Softex Indonesia, dalam keterangan tertulis, Kamis (10/3).

Ekayani mengatakan, softex daun sirih memiliki permukaan senyaman bantal dan lapisan bersirkulasi udara yang akan membuat daerah kewanitaan tidak lembab. Serta kemampuan menyerap 1 detik yang membuat permukaan tetap kering.

"Semua ini menjadikan softex daun sirih dapat menjadi pelindung yang terpercaya selama wanita menjalani masa menstruasi," kata dia.

Sementara dr. Boy Abidin, Sp.OG mengatakan, menjaga kesehatan area intim saat seorang wanita dalam masa menstruasi penting dilakukan.

Sebab pada masa ini, bakteri akan tumbuh dengan cepat di area kewanitaan dan dapat menimbulkan bati, gatal, atau iritasi kulit lainnya.

Karena itu ia mengingatkan agar wanita untuk sadar dan memahami pentingnya mengganti pembalut sesering mungkin, terutama saat menstruasi.

"Karena darah haid yang keluar bisa menjadi media tumbuhnya kuman," kata dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement