Senin 07 Mar 2016 11:40 WIB

10 Manfaat Konsumsi 3 Pisang Sehari

Rep: Adysha Citra R/ Red: Indira Rezkisari
Pisang
Foto:
Pisang

Perbaiki kemampuan atletik

Banyak atlet yang gemar dan suka sekali mengonsumsi pisang. Kegemaran para atlet tersebut pada pisang bukan hanya sekedar kebetulan. Pisang dapat mendorong kemampuan otot dan memberikan antioksidan serta nutrisi lain secara alami kepada para atlet. Sebuah penelititan dari Appalachian State University's Human Performance Lab menunjukakn bahwa mengonsumsi setengah buah pisang setiap 15 menit selama waktu tertentu sama halnya dengan meminum minuman olahraga setiap 15 menit.

Lawan anemia

Pisang juga merupakan buah yang kaya akan zat besi, sehingga mengonsumsi pisang dapat menstimulasi diproduksinya hemoglobin dalam darah dan melawan anemia. Selai itu, vitamin B6 dalam pisang juga dapat mengatur kadar gula dalam darah, sehingga dapat membantu mereka yang sedang menderita anemia.

Menahan rasa lapar

Mengonsumsi pisang tidak hanya membuat tubuh merasa kenyang lebih lama. Aroma pisang diketahui ternyata dapat menurunkan nafsu makan serta rasa lapar. Hal ini diketahui melalui sebuah penelitian yang dilakukan oleh Dr. Alan Hirsch serta Smell and Taste Treatment and Research Foundation di Chicago. Dalam penelitian tersebut, para peneliti menemukan bahwa mencium aroma pisang ketika lapar dapat mengelabui otak untuk berpikir bahwa kita sudah memakan pisang tersebut.

Membuat bahagia

Pisang berukuran sedang mengandung 27 mg magnesium, mineral yang dapat memperbaiki suasana hati dan membantu tidur dengan lebih baik. Kekeurangan magnesium, di bawah 420 mg untuk pria dan di bawah 320 mg untuk wanita per hari, dapat menyebabkan tubuh merasa gelisah, marah, depresi dan berbagai perasaan kurang baik lainnya, dikutip Life Hack.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement