Friday, 25 Ramadhan 1442 / 07 May 2021

Friday, 25 Ramadhan 1442 / 07 May 2021

10 Manfaat Konsumsi 3 Pisang Sehari

Senin 07 Mar 2016 11:40 WIB

Rep: Adysha Citra R/ Red: Indira Rezkisari

Pisang

Pisang

Foto: pixabay

REPUBLIKA.CO.ID, Pisang merupakan jenis buah yang dapat dimakan langsung atau pun diolah menjadi berbagai jenis makanan dan minuman. Oleh karena itu, pisang menjadi salah satu buah paling populer di dunia saat ini.

Di balik rasanya manis dan harganya yang terjangkau, buah pisang ternyata memiliki sejuta manfaat bagi kesehatan tubuh. Berdasarkan penelitian terbaru, misalnya, mengonsumsi tiga buah pisang sehari akan memberikan asupan potassium sebanyak 1.500 mg pada tubuh.

Di samping itu, mengonsumsi tiga buah pisang sehari juga memiliki banyak manfaat lain. Berikut ini ialah 10 manfaat dari mengonsumsi tiga buah pisang setiap hari.

Tekanan darah menurun

Penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi tiga buah pisang sehari dapat menurunkan tekanan darah secara signifikan. Pasalnya satu buah pisang berukuran sedang memiliki sekitar 422 mg potassium sekaligus hampir tidak mengandung sodium. Rasio potassium yang lebih tinggi dibandingkan sodium ini dapat membantu tubuh dalam menetralisir peningkatan tekanan darah yang disebabkan sodium.

Memperbaiki pencernaan

Selain kaya akan potassium, pisang juga mengandung serat mudah larut dan tak mudah larut yang tinggi. Serat tentunya merupakan salah satu nutrisi yang penting bagi tubuh karena serat dapat mengatur kecepatan pencernaan, dalam hal ini memperlambat proses pencernaan. Dengan begitu, tubuh akan merasa kenyang lebih lama dari biasanya. Kandungan serat pada pisang juga dapat membantu atasi masalah sembelit.

Perbaiki kesehatan kardiovaskular

Mengonsumsi makanan yang tinggi serat, seperti pisang, sangat baik untuk jantung. Pola makan berserat tinggi dapat menurunkan risiko penyakit kardiovaskular (CVD) dan juga penyakit jantung koroner (CHD). Serat mudah larut dalam pisang, khususnya, juga dapat menurunkan risiko penyakit jantung.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA