Monday, 17 Rajab 1442 / 01 March 2021

Monday, 17 Rajab 1442 / 01 March 2021

18 Perempuan Cantik di Pusaran Ketegangan Tiongkok-Korut

Sabtu 05 Mar 2016 08:14 WIB

Rep: antara/ Red: Muhammad Subarkah

Kim Jong-un dan kuda peliharaannya

Hyon Song-wol (kiri), pimpinan band perempuan Korea Utara, tiba di hotel Beijing, Cina, Jumat (11/12).

Foto: EPA

Meski marah, Tiongkok pada saat itu --tepatnya pada Maret 2013-- hanya menyepati sanksi ringan untuk Korea Utara di Dewan Keamanan PBB. Sanksi itu berupa pembekuan aset institusi finansial, pembatasan perjalanan bagi sejumlah tokoh, dan pembatasan impor barang mewah.

Menariknya, meskipun Tiongkok mendukung sanksi Dewan Keamanan PBB pada 2013, The Forbes mencatat bahwa hubungan dagang antara keduanya justru meningkat pada tingkat tertinggi dibanding tahun-tahun sebelumnya sampai angka 10 persen pada tahun yang sama. Itu artinya hubungan keduanya masih baik meski merenggang.

Situasi terus membaik sampai Oktober tahun lalu. Saat itu, untuk pertama kalinya Tiongkok mengirim anggota Komite Politbiro Partai Komunis Tiongkok untuk mengunjungi Korea Utara sejak Kim Jong Un memegang tampuk kepemimpinan tahun 2011 lalu.

Kim kemudian membalas niat baik kunjungan tersebut dengan mengirim grup musik Moranbong Band pada tanggal 10 Desember untuk bernyanyi di hadapan petinggi Partai Komunis Tiongkok. Persis pada saat itulah hubungan mesra kedua negara berubah.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA