Kamis 03 Mar 2016 08:31 WIB

5 Makanan untuk Bantu Kerja Usus

Rep: C27/ Red: Indira Rezkisari
Bayam
Foto: flickr
Bayam

REPUBLIKA.CO.ID, Segala sesuatu yang Anda makan sangat berefek besar bagi tubuh Anda. Jika terbiasa dengan makan-makan kurang sehat maka tubuh juga akan tidak baik, begitu pula dengan sebaliknya.

Makanan memiliki peranan penting yang tidak bisa disepelekan bagi kesehatan. Apa yang dikonsumsi itu yang menentukan keberlangsungan hidup.

Agar Anda tidak kebingungan memilih makan baik untuk tubuh Anda, berikut ini beberapa makanan yang baik dikonsumsi dan dijamin bisa membuat usus lebih sehat ketika mengolah makanan, dikutip dari About, Kamis (3/3).

Probiotik

Isi usus besar Anda terdapat bakteri baik dan ragi. Dengan mengkonsumsi organisme hidup akan membantu usus Anda untuk memecah dan membuang sampah dari tubuh Anda.

Di samping itu, probiotik juga menjaga usus Anda dari serangan bakteri jahat. Meski iklan-iklan mengkampanyekan harus minum probiotik setiap hari, tidak perlu lakukan itu. Hanya ketika anda mengalami kesulitan pencernaan, baru ambil bantuan dari probiotik.

Sayur berdaun gelap

Sayuran berdaun gelap tidak hanya bayam, ada jenis sayuran dengan daun berwarna hijau gelap lainnya. Dengan mengkonsumsi sayuran ini memberikan serat yang cukup untuk usus Anda.

Di sisi lain, sayuran juga memberikan banyak vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh Anda. Tapi  yang perlu diingat, hampir semua sayuran memiliki manfaat yang sama, hanya saja daun berdaun gelap lebih baik manfaatnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement