Rabu 02 Mar 2016 07:34 WIB

Diet? Ganti Salad Anda Dengan Makanan Ini

Rep: Adysha Citra R/ Red: Indira Rezkisari
Kacang kenari
Foto: ist
Kacang kenari

REPUBLIKA.CO.ID, Salad merupakan salah satu menu favorit bagi mereka yang ingin menurunkan berat badan. Padahal, penelitian terbaru menunjukkan bahwa ada makanan lain yang lebih efektif dalam menurunkan atau menjaga berat badan, yaitu kacang-kacangan.

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh dokter-dokter di San Diego, kacang-kacangan khususnya kenari dapat membantu program penurunan berat badan. Selain membantu menurunkan berat badan, konsumsi kenari juga dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung dan kadar kolesterol dalam tubuh.

"Ini merupakan salah satu temuan mengejutkan dalam penelitian, karena meskipun kenari tinggi akan lemak dan kalori, ternyata diet dengan kenari memiliki keterkaitan dengan penurunan berat badan," ungkap dokter dari University of California's San Diego School of Medicine, Cheryl Rock.

Dalam penelitian tersebut, Rock dan timnya melibatkan 245 wanita kelebihan berat badan dan obesitas dalam program satu tahun penurunan berat badan. Grup tersebut terbagi ke dalam tiga kelompok di mana kelompok pertama mengkonsumsi makanan rendah lemak tinggi karbohidrat, kelompok kedua mengkonsumsi makanan rendah karbohidrat tinggi lemak, serta kelompok ketiga mengkonsumsi makanan kaya akan kenari, tinggi lemak serta rendah karbohidrat.

Mereka yang termasuk ke dalam kelompok ketiga harus secara rutin mengkonsumsi kenari. Setiap hari, para wanita yang tergabung dalam kelompok ketiga harus memakan sebanyak 43 gram kenari atau sekitar segenggam penuh kenari.

Setelah enam bulan menjalani pola diet tersebut, ketiga kelompok ternyata mengalami penurunan berat badan sekitar 8 persen dari berat rata-rata mereka. Akan tetapi, wanita yang tergabung dalam kelompok ketiga menunjukkan adanya penurunan kolesterol jahat, atau kolesterol LDL, terbanyak. Di saat yang sama, kelompok ketiga ini juga menunjukkan adanya peningkatan kolesterol baik, atau kolesterol HDL.

"Kacang-kacangan memang makanan yang komplit dan perlu diberikan porsi di dalam pola makan diet sehat. Ada ruang bagi setiap orang untuk meningkatkan konsumsi kacang-kacangan mereka dan mendapatkan banyak keuntungan," terang dokter dari Michael's Nutrition Center, John Sievepiper, dikutip Globalnews.

(baca: Kulit Kacang Bisa Atasi Karang Gigi! Ini Caranya...)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement