Saturday, 9 Jumadil Awwal 1444 / 03 December 2022

PMI: Donor Darah Sehatkan Jantung

Selasa 01 Mar 2016 21:02 WIB

Red: Agung Sasongko

Donor Darah

Donor Darah

Foto: Republika/Adhi Wicaksono

REPUBLIKA.CO.ID, PANGKAL PINANG -- Wakil Direktur Palang Merah Indonesia (PMI) Cabang Pangkalpinang, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, dr Rizki Cinderasuci menegaskan, donor darah dapat memberikan manfaat bagi pendonornya karena dari sisi kedokteran baik untuk kesehatan jantung.

"Donor darah banyak memberikan manfaat bagi orang yang melakukannya. Di antaranya menjaga kesehatan jantung," ujarnya di Pangkalpinang, Selasa Malam.

Ia menambahkan, tingginya zat besi dalam darah akan membuat seseorang menjadi lebih rentan untuk terkena penyakit jantung. "Orang yang rutin mendonorkan darahnya akan mengurangi zat besi berlebihan dan akan cenderung lebih stabil," katanya.

Menurut dia, zat besi yang berlebihan akan menyebabkan oksidasi kolestrol dan akan menumpuk pada dinding arteri sehingga memicu penyakit jantung dan stroke. "Bagi yang sering mendonorkan darahnya, maka zat besi dalam darah cenderung stabil sehingga menurunkan penyakit jantung," katanya.

Dengan demikian, dia mengimbau agar masyarakat bisa mendonorkan darah mereka karena tidak hanya bermanfaat bagi orang lain, tetapi juga bagi kesehatan pendonor.

sumber : Antara
Silakan akses epaper Republika di sini Epaper Republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA