Senin 29 Feb 2016 12:42 WIB

Kubis, Amankah Dikonsumsi Saat Hamil?

Rep: MGROL60/ Red: Andi Nur Aminah
Kubis
Foto: ANTARA
Kubis

REPUBLIKA.CO.ID, Selama priode kehamilan seorang wanita harus mengonsumsi makanan sehat dan bergizi untuk memastikan dia memberikan yang terbaik untuk bayinya. Kubis, sayuran yang memiliki segudang nutrisi penting seperti mangan, folat, kalsium, magnesium, zat besi, fosfor, kalium dan protein. Sayuran ajaib ini membantu menjaga kesehatan tertuma bagi Ibu Hamil, seperti pencernaan, mencegah diabetes gestational, meningkatkan kesehatan mata dan juga mencegah pembengkakan kaki. 

Serat yang terkandung dapat mengurangi risiko sembelit, yang sangat umum dialami selama kehamilan. Konsumsi kubis juga membantu bayi untuk mendapatkan tulang yang kuat. Dianjurkan untuk mengonsumsi kubis yang sudah matang. Karena dikhawatirkan kubis mentah mengandung pestisida yang dapat menyebabkan infeksi pada ibu hamil. 

Dilansiri Boldsky, ada banyak manfaat lain dari mengonsumsi kubis pada kehamilan.

 

Pencernaan

Kubis meningkatkan kesehatan pencernaan Anda. Hal ini juga mencegah kondisi seperti sembelit dan buang air besar yang tidak teratur. Sembelit merupakan penyakit yang umum di alami selama kehamilan. Kubis membantu untuk mengatasi masalah ini.

 

Kesehatan DNA

Kubis dikemas dengan asam folat. Asam folat atau folat sangat penting bagi DNA janin. Ini membantu dalam membangun DNA pada janin.

 

Kalori rendah

Kubis rendah kalori dan dengan demikian dapat menjaga berat badan ideal selama kehamilan. Oleh karena itu, disarankan untuk mengonsumsi sayuran sehat ini selama kehamilan.

 

Mencegah diabetes

Kubis dikenal untuk mencegah diabetes gestational. Kandungan serat yang tinggi dalam sayuran itu dapat mengontrol kadar gula berlebih dan mengurangi risiko diabetes gestasional pada wanita hamil.

 

Mencegah pembengkakan

Pembengkakan tubuh cukup umum dalam kehamilan. Daun kubis berguna membantu untuk meringankan kondisi pembengkakakn pada daerah yang bengkak. Kubis merupakan obat yang cepat menghilangkan rasa sakit karena kaki bengkak dan sendi.

 

Mengurangi risiko kanker

Kubis mengandung anthocyanin. Anthocyanin adalah anti-kanker dan dapat melawan sel penyebab kanker. Sehingga dengan mengonsumsi kubis, itu berarti Anda akan terbantu mencegah kanker bila dikonsumsi secara teratur.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement