Sunday, 4 Zulhijjah 1443 / 03 July 2022

Kiat Cepat Mendekati Allah

Senin 29 Feb 2016 09:03 WIB

Red: Achmad Syalaby

Muslimah shalat Tahajud.    (ilustrasi)

Muslimah shalat Tahajud. (ilustrasi)

Foto: Republika/Yogi Ardhi

REPUBLIKA.CO.ID, Setiap orang, yang dalam hatinya ada iman, walau hanya setitik, pasti ingin meraih "tiket" ke surga. Namun, tiket itu bukan sembarang tiket. Tiket itu hanya diberikan kepada orang yang benar-benar dekat dengan Allah. Dikutip dari buku 3T (Tobat, Tasbih, Tahajud): Jalan Tercepat Menuju Kedekatan dengan Allah, Zaini Ali Akbar menguraikan metode 3T (Tobat, Tasbih, dan Tahajud). 

Menurut penulis, 3T merupakan salah satu metode tercepat menuju kedekatan dengan Allah. Bukan sekadar teori belaka, buku ini memaparkan cara-cara praktis yang dapat membantu siapa saja yang hendak mendekatkan diri kepada Allah. 

Di dalam buku itu, Zaini mengungkapkan, ada beberapa kesadaran spiritual yang harus dimiliki oleh mereka yang ingin menapak jalan 3T. Intinya adalah, ''... kita harus bersungguh-sungguh dalam mendekatkan diri kepada Allah SWT.'' 

Pada bab II, Zaini membahas bagaimana bertobat kepada Allah. Makna tobat, pentingnya tobat, tobatnya para malaikat dan sejumlah Nabi, serta cara-cara bertobat. ''Tirai penutup atau hijab yang memisahkan antara hati seorang hamba dan Allah azza wa jalla, tiada lain adalah kotoran berupa dosa." (hlm 81. Karena itu, bertobatlah! Yakni, ''menyesali segala kekurangan dan kesalahan yang telah dilakukan.'' Bab III mengupas T kedua, yakni bertasbih kepada Allah. Penulis menguraikan keutamaan dan cara shalat Tasbih.

Bab IV membahas T ketiga, yakni mendirikan shalat Tahajud. Di dalamnya termasuk dasar perintah dan waktu shalat Tahajud, serta keutamaan dan tata cara shalat Tahajud. Buku ini ditutup dengan bab IV mengenai zikrullah, yang menguraikan perintah dan hikmah zikir, termasuk pengamalan 3T dalam Forum Majelis Zikir. Buku ini akan sangat membantu siapa saja yang ingin mendekatkan diri kepada Allah dengan menempuh tiga jalan, yakni: tobat, tasbih, dan sedekah. 

 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA