Friday, 5 Rajab 1444 / 27 January 2023

Menengok Goa Sunyaragi, Tempat Piknik Para Sultan Cirebon

Ahad 28 Feb 2016 06:29 WIB

Rep: Fira Nursya'bani/ Red: Indira Rezkisari

Goa Sunyaragi

Goa Sunyaragi

Foto: Republika/Fira Nursya'bani

REPUBLIKA.CO.ID, Cirebon selalu dikenal sebagai kota tujuan wisata religi. Anda yang ingin berwisata religi di kota ini bisa mengunjungi salah satu lokasi wisatanya, yaitu Taman Air Goa Sunyaragi.

Dibangun pada 1529 M, goa yang terletak di Kelurahan Sunyaragi, Kesambi, Kota Cirebon ini pada awalnya dipakai sebagai tempat bertapa sultan-sultan Cirebon. Namun, setelah aktivitas pertapaan tidak lagi dilakukan, situs sejarah ini sering dijadikan tempat piknik para sultan terdahulu beserta keluarganya.

"Disebut taman air karena dulu tempat ini dikelilingi air. Keluarga Sultan pada zaman dahulu banyak yang piknik bermain sampan, kalau lelah mereka makan prasmanan dan lesehan," ujar penjaga Goa Sunyaragi, E. Nurmas Argadikusuma, saat ditemui Republika.co.id.

Keunikan Goa Sunyaragi jika dibandingkan dengan goa-goa lainnya adalah seluruh dindingnya dibangun menggunakan batu-batu karang laut dari pantai selatan Jawa. Padahal, kata Nurmas, pada abad ke-14 belum ada angkutan yang bisa mengangkut karang-karang laut yang sebanyak itu.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA