Jumat 26 Feb 2016 07:00 WIB

Alergi Amoksisilin? Ini Cara Merawat dan Mencegahnya

Rep: Adysha Citra R/ Red: Andi Nur Aminah
Ruam pada kulit anak akibat alergi
Foto: dreawood
Ruam pada kulit anak akibat alergi

REPUBLIKA.CO.ID, REPUBLIKA.CO.ID, Amoksisilin merupakan obat antibiotik yang termasuk dalam kategori penisilin. Biasanya, amoksisilin digunakan untuk mengatasi infeksi bakterial yang umumnya diresepkan pada anak. 

Meski memegang peranan penting dalam dunia medis, tak semua orang cocok untuk mengonsumsi amoksisilin. Beberapa orang justru sensitif atau alergi terhadap obat ini. Ketika alergi terjadi, penderita akan mengalami gejala ruam, gatal serta sulit bernafas.

Bagi mereka yang hanya sedikit sensitif terhadap amoksisilin, gejala-gejala tersebut dapat hilang dengan sendirinya. Penggunaan obat-obat tertentu juga dapat mengatasi berbagai gejala yang timbul. Akan tetapi, mereka yang benar-benar alergi akan merasakan gejala-gejala alergi amoksisilin yang cukup parah.

Pada penderita alergi amoksisilin, ruam merah akan muncul di sekujur tubuh dan menyebar ke bagian muka, tangan hingga kaki. Dilansir Megabored secara bertahap, ruam tersebut akan terasa gatal yang dapat berlangsung selama tiga hari hingga satu minggu. Kondisi yang memburuk bahkan dapat membuat penderita alergi amoksisilin harus dilarikan ke rumah sakit.

Sebagian besar tipe alergi dapat dihentikan jika peyebab dari alergi tersebut dibuang. Meski begitu, reaksi alergi tidak dapat disembuhkan, tetapi dapat dirawat dan dikendalikan. Berikut ini ialah cara untuk mengatasi ruam amoksisilin serta kondisi alergi yang berbahaya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement