Kamis 25 Feb 2016 11:00 WIB

Catat! 5 Makanan Ini Jangan Dipanaskan

Rep: Adysha Citra R/ Red: Andi Nur Aminah
Ayam panggang
Foto: Safebee
Ayam panggang

REPUBLIKA.CO.ID, Memanaskan makanan sisa untuk sarapan atau bekal ke kantor di microwave merupakan hal yang praktis dan banyak dilakukan saat ini. Selain menghemat tenaga, memanaskan ulang makanan di dalam microwave juga menghemat lebih banyak waktu daripada memasak.

Akan tetapi, tak banyak yang mengetahui bahwa tidak semua makanan baik untuk dipanaskan kembali dan dikonsumsi. Berikut ini adalah lima makanan yang sepatutnya dihindari untuk dipanaskan ulang, dilansir Independent.

 

Ayam

Seperti yang telah diketahui, ayam dan berbagai unggas lainnya mengandung salmonela yang dapat mengontaminasi tubuh. Memanaskan ayam dalam microwave dapat menimbulkan masalah karena tidak seluruh area daging ayam mendapatkan panas yang merata.

Selain ketidakmerataan panas, memanaskan ulang hidangan ayam juga tidak dianjurkan dari segi kandungan gizi. Pasalnya, ayam memiliki kepadatan protein yang lebih tinggi dibandingkan dengan daging merah, seperti sapi atau kambing. Ketika dipanaskan, kandungan protein yang padat pada ayam dapat terpecah secara berbeda. Hal ini dapat menimbulkan rasa sakit perut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement