Kamis 25 Feb 2016 08:26 WIB

Mengenal Jenis-Jenis Kutil pada Kulit

Rep: c27/ Red: Andi Nur Aminah
Kutil
Foto: abmmedical.com
Kutil

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kutil merupakan masalah tubuh yang memang terlihat tidak begitu serius. Tapi setiap orang akan merasa risih jika masalah yang berhubungan dengan kulit ini mulai tumbuh.

Kutil disebabkan oleh virus yang membentuk pertumbuhan kulit jinak. Kutil sebagian besar berasal dari human papillomavirus yang mempengaruhi lapisan atas kulit. 

Lapisan kulit yang sudah terpengaruhi kemudian muncul menjadi tebal dan bulat sehingga muncullah kutil. Kutil biasanya muncul karena kulit yang terkelupas dan tersentuh oleh seseorang termasuk Anda sendiir. Munculnya kutil juga dapat disebabkan oleh berbagi barang-barang perawatan pribadi seperti pisau cukur, gunting kuku, handuk dan sejenisnya.

Anak-anak dan remaja paling umum terserang oleh kutil. Tapi orang dewasa pun memiliki risiko yang sama, sebab jika sistem kekebalan tubuh  melemah, maka tubuh tidak bisa melawan virus yang menyebabkan kutil.

Mungkin Anda penasaran, kutil itu ada macam-macamnya atau tidak. Dilansir Megabored,  jika dilihat dari tempat tumbuh, kutil bisa tumbuh di mana saja. Seperti jenis kutil periungual yang biasa ditemukan pada kuku tangan dan kaki.

(Baca Juga: Punya Kutil? Yuk, Hilangkan dengan Cara Alami Ini)

Ada pula jenis umum yang biasa ditemukan di tangan dengan warna coklat atau abu-abu dan bertekstur kasar. Jika ditemukan di area wajar, biasanya kutil akan berwarna sama dengan kulit tapi akan membuat tonjolan pada bagian tersebut dan ini disebut kutil filiform.

Kalau kaki Anda kutilan, maka namanya kutil plantar. Kutil jenis ini biasanya berbentuk tebal dan keras dengan bintik gelap atau mungkin dikenal juga dengan mata ikan. Jika kutil ini tumbuh, Anda akan dibuat kesakitan ketika berjalan.

Sedangkan kutil datar bisa tumbuh di mana saja. Bisa di wajah, tangan, bahkan kaki. Biasanya kutil ini berwarna coklat muda, merah muda, dan kuning.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement