Senin 22 Feb 2016 07:00 WIB

Macet, Banjir, Kemiskinan Merajalela, Apa yang Dicari di Jakarta?

Warga mengunjungi Kawasan Monas, Jakarta, Jumat (1/1).
Foto:
Ilustrasi banjir di Jakarta

Dalam mengatasi banjir, masalah yang sejak lama muncul, Pemprov DKI perlu kerja sama dengan provinsi sekitarnya. Perlu sanksi yang keras terhadap mereka yang membuang sampah di sungai-sungai.

Sedangkan tata ruang perlu dibenahi karena banyak daerah resapan air yang kini telah berubah pungli menjadi ‘hutan beton’ berupa real estate. Pihak real estate sesuai dengan tata ruang juga diharuskan membuat fasilitas umum dan sosial.

Karena pungli dan pemda ‘gampang diatur’, banyak yang tidak memenuhi ketentuan ini. Kita harus berani menegur dan memberi sanksi terhadap yang mengabaikan ketentuan ini.

Bangsa Indonesia dikenal sebagai pecinta olahraga, terutama sepak bola. Lihatlah betapa antusias masyarakat saat kesebelasan nasionalnya bertanding. Agar olahraga semakin maju, jangan semua lapangan terbuka dijadikan perumahan elite.

Di bidang keamanan perlu perhatian lebih serius akibat makin merajalelanya kriminalitas. Sebagai Ibu Kota, masalah keamanan ini menjadi sorotan dunia internasional.

Banyak yang membatalkan niatnya untuk investasi karena Jakarta dianggap kota yang memiliki negara yang punya resiko tinggi. Belum lagi pungli yang sulit dibendung hingga banyak yang mengalahkan usaha ke negara lain.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement