Ahad 21 Feb 2016 15:10 WIB

Ternyata Paru-Paru Bisa Cepat Menua

Rep: C27/ Red: Indira Rezkisari
Paru-paru
Foto: flickr
Paru-paru

REPUBLIKA.CO.ID, Penelitian terbaru yang diterbitkan jurnal PlosONE menemukan alasan mengapa paru-paru Anda bisa cepat menua. Ternyata tidak hanya faktor usia dan kebiasaan merokok saja yang bisa mempengaruhi.

Peneliti yang berasal dari University of Bergen (UiB), Norwegia, menemukan tiga alasan yang dapat menentukan seberapa cepat paru-paru akan menua. Pertama, faktor ibu yang merokok ketika hamil akan memberikan efek sangat negatif, kedua, lahir pada musim dingin yang sangat ekstrim, dan ketiga, mengalami infeksi pernapasan pada usia yang sangat muda.

Penelitian yang berfokus pada retang usia antara 40 hingga 70 tahun ini melihat orang-orang yang memiliki proses penuaan lebih cepat pada paru-paru. Maka orang tersebut juga akan mengalami proses yang cepat pada penuaan secara umur dan fisik lainnya.

"Adalah logis, pengembangan kehidupan awal juga mempengaruhi sistem yang menjaga tubuh dan memperbaiki kerusakan. Jika demikian, ini bisa menjelaskan mengapa beberapa orang tidak mentolerir paparan racun tertentu di kemudian hari, "kata Cecilie Svanes, profesor di University of Bergen (UIB) di Norwegia dikutip dari Indian Express, Ahad (21/2).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement