Monday, 7 Ramadhan 1442 / 19 April 2021

Monday, 7 Ramadhan 1442 / 19 April 2021

2 Spesies Manusia Purba Diyakini Kawin dengan Manusia Modern

Kamis 18 Feb 2016 05:35 WIB

Red: Ani Nursalikah

Fosil manusia purba

Foto:

Sekarang telah terungkap spesies pramanusia menggunakan alat-alat batu 3 juta tahun yang lalu dan manusia purba, seperti Homo erectus, mungkin telah membuat ukiran dan terlibat dalam beberapa praktik penguburan lebih dari 400.000 tahun yang lalu.

Associate Professor Darren mengatakan, spesies Neanderthal memiliki otak dengan ukuran yang sama atau bahkan sedikit lebih besar dari manusia modern. Bukti menunjukkan, mereka menggunakan api dan senjata berburu canggih, mengubur mayat mereka, mengenakan perhiasan dan merawat mereka yang lemah dan tua.

"Beberapa bukti ini dan interpretasinya begitu kontroversial dan masih diperdebatkan. Tapi, saya pikir, ada cukup bukti baru bahwa kita harus keluar dari gagasan bahwa kita lebih unggul bahwa kita lebih cerdas atau canggih dari spesies manusia lainnya,” ujarnya menjelaskan.

Ia menyambung, "Mungkin ada alasan yang lebih disengaja mengapa kita masih di sini dan mereka tidak karena mereka semua pergi dan kita dibiarkan sendirian.”

"Mungkin saja kita menggunakan DNA yang mereka teruskan kepada kita dengan lebih baik. Kita mungkin memiliki keuntungan tak lazim yang memungkinkan kita untuk bertahan hidup dan berkembang," katanya menerangkan.

Pengujian genetik telah menunjukkan bahwa manusia non-Afrika membawa hingga empat persen dari DNA Neanderthal, sementara penduduk asli Australia dan Papua Nugini membawa hingga enam persen dari DNA Denisova hominin (Homo sapiens altai).

Diyakini, Neanderthal mungkin telah mewariskan rambut merah dan kekebalan tubuh yang lebih baik.

Denisova hominin diyakini juga telah mewariskan kekebalan yang lebih baik serta memberikan gen yang ditemukan di Tibet untuk bertahan dari ketinggian.

sumber : http://www.australiaplus.com/indonesian/2016-02-18/manusia-modern-diyakini-hidup-bersama-spesies-manusia-purba/1549274
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA