Sabtu 13 Feb 2016 16:15 WIB

Minum 8 Gelas Air per Hari Ternyata Hanya Mitos

Rep: c34/ Red: Dwi Murdaningsih
Minum air putih
Foto: Huffingtonpost
Minum air putih

REPUBLIKA.CO.ID, Anjuran untuk minum air putih delapan gelas per hari sering kita temukan di mana-mana. Bahkan, dokter juga menyarankan kebiasaan tersebut kepada pasiennya.

Namun, Max Pemberton, dokter dari Inggris yang juga bekerja di National Health Service (NHS), mengatakan bahwa itu hanya mitos dalam dunia medis. Ia menegaskan, tidak ada satu bukti pun yang menunjukkan Anda perlu minum air sebanyak itu setiap hari.

"Pada kenyataannya, kita justru mendapatkan sebagian besar cairan yang kita butuhkan dari makanan yang kita makan," ujar Pemberton.

Lantas, dari mana mitos itu berasal? Pemberton memperkirakan, referensi pertama berasal dari anjuran yang dibuat Food and Nutrition Board of America's National Research Council pada 1945.

Saat itu, mereka mengatakan bahwa orang dewasa perlu minum empat botol atau sekitar delapan gelas air per hari. Mereka juga mengatakan, sebagian besar cairan itu bisa juga berasal dari makanan.

"Bagian pertama tersampaikan hingga kini, tapi bagian kedua tidak. Jadi, tidak ada yang perlu dikhawatirkan," ujar Pemberton.

Meski demikian, dia menambahkan, seseorang tetap harus memastikan tubuhnya terhidrasi dengan baik. Cara terbaik untuk melacaknya ialah dengan memeriksa warna urin.

Dokter yang juga berprofesi sebagai penulis dan jurnalis itu menyebutkan, warna ideal urin ialah warna jerami terang. Jika warnanya menggelap, itulah saatnya Anda perlu minum air lebih banyak.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement