Jumat 12 Feb 2016 11:09 WIB

Alergi Jadi Alasan Anda Perlu Setop Minum Kopi

Rep: Puti Almas/ Red: Indira Rezkisari
Barista menyeduh kopi di kedai kopi.
Foto: wikipedia
Barista menyeduh kopi di kedai kopi.

REPUBLIKA.CO.ID, Kopi sering disebut sebagai minuman yang memiliki dampak negatif sekaligus positif bagi kesehatan. Pada umumnya, kopi mengandung banyak kafein yang dikatakan membuat resiko meningkatnya tekanan darah dalam tubuh.

Karena itu, mengkonsumsi kopi dikatakan dapat menimbulkan masalah kesehatan pada suatu waktu. Namun, jika Anda memang menyukai minuman ini, pastikan untuk tak meminum secara berlebihan, yaitu maksimal satu atau dua cangkir per hari.

Namun, sebelumnya Anda harus mengetahui apa saja efek buruk yang ditimbulkan kopi. Dilansir Boldsky, ini alasan sebaiknya Anda membatasi konsumsi kopi.

Masalah lambung

Dalam secangkir kopi terkandung senyawa seperti kafein dan asam tertentu yang dapat mengiritasi lambung dan lapisan usus kecil Anda. Karena itu, orang-orang dengan masalah kesehatan pencernaan seperti maag sering diminta untuk berhenti mengkonsumsi minuman ini.

Mulas

Kopi tak jarang membuat perut terasa mulas. Tentu, hal ini baik bila Anda memiliki masalah sulit Buang Air Besar (BAB). Namun, bagi Anda yang tidak, sebaiknya batasai konsumsi kopi, khususnya di pagi hari.

Sakit kepala

Kopi bisa meringankan sakit kepala. Namun, bila dikonsumsi secara berlebihan, minuman ini justru bisa memperaparah sakit kepala. Bahkan, sebuah studi menunjukan migrain dapat terjadi karena sering meminum kopi dalam jumlah besar.

Alergi kafein

Beberapa orang bisa cukup sensitif terhadap molekul kafein yang terkandung dalam kopi. Jika Anda merupakan salah satunya, reaksi alergi seperti gatal-gatal dan nyeri dapat timbul usai mengkonsumsi minuman ini.

(baca: Teh Kembang Sepatu Penurun Tekanan Darah)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement