Selasa 09 Feb 2016 15:04 WIB

Turunkan Berat Badan tanpa Olahraga? Ini Caranya

Rep: Adysha Citra R/ Red: Indira Rezkisari
Jinten
Foto: pixabay
Jinten

REPUBLIKA.CO.ID, Olahraga merupakan salah satu cara yang sering dilakukan untuk menurunkan berat badan. Akan tetapi, jinten putih ternyata dapat membantu menurunkan berat badan tanpa harus diiringi dengan olahraga.

Jinten putih dapat membantu seseorang yang memiliki masalah dalam peningkatan berat badan yang cepat dan juga perut besar. Manfaat jinten putih yang sudah dites melalui penelitian. Hasilnya menunjukkan bahwa jinten putih dapat memberi dampak positif bagi penurunan berat badan.

Penelitian tersebut dilakukan oleh para peneliti Iran dari Shahid Sadoughi University of Medical Sciences. Dengan melibatkan 88 wanita kelebihan berat badan dan obesitas, para peneliti mengatur pola makan bagi para peserta. Salah satu yang dimasukkan dalam pola makan tersebut ialah memasukkan jinten putih di dalamnya.

Setelah tiga bulan mengonsumsi jinten putih bubuk, para wanita yang terlibat dalam penelitian tersebut mengalami penurunan berat badan dengan rata-rata 1,4 kilogram. Selain mengalami penurunan berat badan, lemak tubuh para peserta penelitian juga berkurang hingga 14,64 persen.

Efek ini disebabkan karena jinten putih mengandung antioksidan dan phytosterol yang tinggi. Phytosterol merupakan zat alami yang berasal dari tumbuhan. Zat ini dapat mencegah tubuh dalam menyerap kolesterol berbahaya dalam usus pencernaan.

Untuk mendapatkan manfaat dari jinten putih ini, yang perlu dilakukan ialah memanaskan satu gelas air hingga mendidih. Setelah air mendidih, masukkan satu sendok teh jinten putih halus dan satu sendok teh parutan kulit lemon. Pada campuran tersebut, tambahkan kembali seperempat sendok teh kayu manis dan satu sendok jahe. Untuk mendapatkan rasa yang manis, satu sendok madu bisa ikut ditambahkan, dikutip dari Health Tips Portal.

(baca: Sushi Sebabkan Cacingan, Mitoskah?)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement